Nomor Induk Siswa Nasional Mencapai 40 Juta

Pukul 11.02 hari ini (tanggal 22 Februari 2008), sebuah sms masuk ke HP saya dari Pak Bondan dengan bunyi “Data NISN sudah berkepala 4.”

Segera saya membuka web site NISN dan langsung melihat pada rekap data, dan benar tertulis “Total siswa yang terdaftar pada 22/02/2008 pk 11:09:12 = 40.084.073 orang”

NISN

Alhamdulillah, kerja keras dari seluruh pihak mulai membuahkan hasil. Mulai dari tataran ide yang dilontarkan oleh Pak Gatot, tim teknis di Senayan dan Malang, tim “provokator” di senayan, rekan-rekan pendamping di masing-masing Propinsi dan yang paling penting adalah tim Dapodik yang berada di Kab/Kota dan Teknisi D3 TKJ yang sudah menginput data satu persatu.

Walaupun banyak memperoleh tantangan, tapi program NISN yang merupakan sebuah bagian dari Dapodik, adalah cermin pendataan di Indonesia. Dimana, sejak negara Indonesia merdeka, belum pernah ada data yang sifatnya mikro, up to date dan terbuka kepada publik sehingga dapat langsung dikoreksi apabila ada kesalahan.

Semoga pendataan ini dapat dijadikan dasar untuk menetukan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yang lebih baik di masa depan, dan mari kita buktikan, apakah program ini hanya menjadi program mimpi belaka ?

Akhirnya, saya mengutip sms jawaban dari salah seorang tim di senayan terhadap sms dari Pak Bondan tersebut, “Well, at last, everyone can see what can we do together. Only the looser cannot realize that.”

37 Balasan ke Nomor Induk Siswa Nasional Mencapai 40 Juta

  1. reyes mengatakan:

    Kalo data siswa nasional saja bisa kenapa data penduduk nasional kok belum bisa ya?
    Anyway selamat buat Depdiknas yang memberi contoh baik untuk departemen lain.

  2. khalidmustafa mengatakan:

    Nah,. u got the point :D

    Jawabannya adalah karena tidak “mau” Atau terlalu banyak pertimbangan…

    Pak Gatot sewaktu memulai, tidak meminta yang macem-macem, cukup data pokok saja, attribut data lainnya dapat dilengkapi kemudian. Tidak banyak membentuk lembaga2 khusus atau kajian-kajian bertahun-tahun. Tidak banyak menggunakan tenaga-tenaga khusus, tapi memberdayakan tenaga pada dinas pendidikan dan mahasiswa D3 TKJ.

    Satu hal lagi, data ini dikumpulkan hanya dalam waktu 1 (satu) tahun, mulai dari 0 (nol) dan sifatnya terbuka oleh publik sehingga bisa meminimalisir “permainan” data.

    Ada yang mau menawarkan sistem ini ke Depdagri atau ke BPS ?

  3. 9november mengatakan:

    Yeaaahhh … Saya suka dengan kutipan yang paling akhir “ONLY THE LOSER CAN’T REALIZE THAT!”

  4. Sunaryo mengatakan:

    selamat sudah 40 jt lebih nisn yg masuk, ke depan jalan masih panjang, karena data yg 40jt masih perlu diverifikasi, apakah sudah sesuai dengan data riil atau blm, data yg terkirim 2 kali juga masih bisa tampil dua-duanya dan ini perlu bekerja lebih keras lagi, belum lagi perlu update data siswa, karena yg sekarang duduk di kelas 1 SD masih belum terupload. Intinya kedepan maintenance database yg ada lebih berat daripada mengentry. siapa yg akan berburu data nisn? siapa yang mau mendanai?
    Yang lebih penting adalah bagaimana menciptakan kondisi dimana Dinas P dan K, sekolah dan masyarakat merasa memerlukan dengan adanya NISN. karena tanpa rasa memerlukan kita yg dilapangan yg berburu dan mengetry data seolah2 kita yang butuh, sedang dinas, sekolah dan masyrakat seolah ngga peduli. Bayangkan kami sudah jauh-jauh datang ke sekolah terpencil untuk ambil data, namun oleh kepala sekolah di tolak, kami tidak diberi data siswa, padahal kami sudah membawa surat tugas dari dinas P dan K. Seolah2 mereka tidak butuh NISN. weleh…weleh….

  5. nieth mengatakan:

    wah,, Alhamdulillah, rasanya, sebagai mahasiswa D3 TKJ alias PJJ ikut seneng juga nge dengernya.. =)

    moga2 bisa lebih baek lage ke depannya .. amin

  6. Ahmad Husairi SPd mengatakan:

    Seharusnya info untuk Nomor Induk Siswa secara nasional sudah diketahui oleh seluruh sekolah di Indonesia.. kenapa mesti ada sekolah yang belum tahu?

  7. khalidmustafa mengatakan:

    Pak ahmad, sekolah kita ada 240 ribu, sebagin malah berada di atas gunung dan ditengah pulau.

    Sosialisasi secara gencar telah dilakukan berkali-kali. Malah semua tim sudah turun ke semua propinsi. Iklan di TV sudah dilakukan.

    Kalau ada yang belum tahu, itu karena negara kita tidak sebesar Singapura :)

  8. sriwahyuni dyah purwati mengatakan:

    pak sekolah kami sudah lama meproses nisn memalui dinas pendidikan setempat, akan tetapi sampai saat ini belum juga muncul. Bagaimana ya pak caranya agar siswa di sekolah kami cepat mendapat nisn tersebut mohon info.

  9. khalidmustafa mengatakan:

    Seharusnya proses NISN hanya menggunakan waktu maksimal 24 jam, karena semua login sudah berada pada operator di masing-masing dinas pendidikan kab/kota.

    Coba buka di http://jardiknas.diknas.go.id/cont/dukungan/data_tim.php dan pilih propinsi ada serta hubungi rekan-rekan tersebut. Mungkin dapat membantu.

  10. lala mengatakan:

    kita harus lebih tanggap

  11. SHYAFA NESYANMIDA mengatakan:

    MWACA..AMPE 40 JUTA CWIH?GAK MUNGKIN!BALAS YA AWAS! OHYA AKU MINTA DATANYA DONK

  12. uswandi mengatakan:

    saya baru tahu tentang NISN, waktu saya dounload kok udah nggak bisa, gimana dong caranya saya untuk melihat NISN sekolah saya

  13. ramadan mengatakan:

    tolong dong bantuannyaa…

    ada ga’ LINK bwt Download NISN….

    mohon pencerahannyyya….

    plissss….

  14. khalidmustafa mengatakan:

    silakan menghubungi dinas pendidikan kabupaten/kota terdekat

  15. Yusniawati mengatakan:

    Minta tolong nih…..saya punya keponakan yang baru pindah dari kalbar, tepatnya SDN 41 Perumnas IV Sei Ambawang Pontianak Timur Kal-Bar. Pindah ke Batam tepatnya ke SDN 007 Nongsa. Saya punya kesulitan karena surat pindah yang di urus tidak sampai ke DIknas.Pihak SDN 007 tersebut meminta surat pindahan sampai ke diknas. Atau cukup memberikan NIS dari keponakan saya tadi.
    DIsini saya minta tolong untuk mendapatkan NIS ponakan saya yang bernama Husna Milatina.atau memberikan info atau alamat yang bisa saya tuju untuk mendapatkan NIS tsb.Karena untuk kembali ke Pontianak saat ini terkendala.
    Info bisa di kirimkan ke e-mail saya di Yusny_Chan@yahoo.com
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

  16. pakbowoalfurqon mengatakan:

    NISN kok gak bisa dilihat ya,kenapa?

  17. Muchlas mengatakan:

    Ternyata yang saya alami tidak sendirian. Saya sulit mendapatkan NISN anak saya yang 2 tahun lalu pindah sekolah dari Jakarta Pusat ke Jakarta Timur. Saya sudah hubungi fihak sekolah lama, tapi para guru dan kepala sekolahpun merasa “kewalahan” menyangkut masalah ini.

  18. Ocha mengatakan:

    Ass.
    Sy mdapt ksulitn mgrus surt pindah sy.
    Kepsek mminta NIS sy tp sy tdk tau.
    Mhon bntuanx.
    Nm lgkp sy Siti Fauziah.
    Alumni SDN O28 n SMPN 1 Tarakn,Kaltim.
    Mksih.
    Wass.

  19. Lucky mengatakan:

    Pengadaan Kartu NISN sekarang jadi proyek yah…
    Mau ikutan aaaaaahhh..
    Lumayan kan..

  20. rizky.siregar mengatakan:

    semoga pendidikan di indonesia makin maju…
    salam buat anak SMP BINA INSAN CILEDUG TANGERANG….trutama buat anak 9 AVECENNA

  21. dian agung wicakyo mengatakan:

    ehhh….gue pengen nanya nie

    klonyari NISN di mana yach???
    bingung nie

  22. amalia nugroho putri mengatakan:

    ehhh….gue pengen nanya nie

    klonyari NISN di mana yach???
    bingung nie

  23. vhe mengatakan:

    nyari NISN’a gmn seyh???
    da coba berkali2 tetep gakk dpk NISN’a..
    tolong dbantu ya!!!
    trim’z…

  24. eva wuryandari mengatakan:

    gmana tow caRaNYa NyaRi NOMor INduk SIswa Nasional tahun 2006-2007 ??????

  25. BEN mengatakan:

    AKU SENANG MENDAPATKAN NIS KARENA BISA MEMBANTU AKU

  26. naDINE mengatakan:

    gMANA SIH cra untk tau nmor nisn??

  27. yuta mengatakan:

    gmana cara nya nyari nisn seh …
    pusing ihw …
    mana agii btuh banget ntu nisn agii

  28. dian mengatakan:

    anak saya udah kls 3 smp,
    mo un tapi NISN ga punya, sedangkn kata gurunya kl ga punya nisn ga bisa ikut UN, gawattttttttttttt gimana neeh, mohon bantuannya.

  29. khairunnisa mengatakan:

    pak…adik saya kelas 2 smp,guru nya meminta nomor NISN sedangkan saya tidak tau nomor NISN tersebut,sudah minta ke sekolah SD nya,tapi tidak tau juga…sedangkan guru nya bilang kalau yg tidak ada nomor NISN nya tidak boleh mengikuti ujian…. diharapkan bantuan nya. trimakasih.

  30. khairunnisa mengatakan:

    duch tolong dong…bagai mna sich mencari NISN…..???gawat nich kalau sampe tidak ketemu juga adik aq ga bisa ikut ujian sekolah…adik aq lulus sekolah SD thn 2006/2007 nma nya siti nur komaria…tolong donggggggggggg……kalau ada kabar tolong di kasih tau ke Nisagirl26@yahoo.co.id mohon bantuan nya…sebelum nya trimakasih…

  31. iyan mengatakan:

    gimana nich,,,,,,,,,,,, NISN nyA gA adA……….. Q LULus sd Tahun 2006-2007 TOLONG kABarIN doNk KalO dAH kELuAR……..

  32. nurman mengatakan:

    aku lulus smp tahun 2008\2009 sampai sekarang aku tidak tahu NISN kalo bisa kirimkan NISN ke nurmanphytagoras@gmail.com mohon ia…

  33. ,saya bingung nyari NISN disini…. sampai sekarang gg dpt2……………………………………………………………………………………………………………………………………….

  34. ADI mengatakan:

    pak kenapa nisn saya tidak ada padahal data yang saya masukkan kesekolah sudah lengkap. dan saya sekarang sudah kelas 3 sma di sma negeri 1 galesong utara, kab. takalar, prov. selawesi selatan..

  35. sabil mengatakan:

    bapak tolong kasih tau nisn ……………
    padahal saya sudah kls 3 sman 1 galut sul-sel…

  36. bogel mengatakan:

    pa saya mau nyari nisn saya mau masuk sma

  37. WAANG mengatakan:

    PROGRAM NISN ADALAH PROGRAM YANG SANGAT-SANGAT MENYUSAHKAN MASYARAKAT. UNTUK MENGECEK SECARA ONLINE AJA SUSAHNYA MINTA AMPUN. SANGAT-SANGAT MENYUSAHKAN

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

