Pertemuan Pengembangan ICT Pendidikan Nasional

Hari Sabtu dan Minggu kemarin adalah hari yang membahagiakan. Seluruh teman-teman seperjuangan di dalam mengembangkan ICT di dalam dunia pendidikan di Indonesia berkumpul bersama di SEAMOLEC.

Sebelumnya, pada hari Kamis dan Jumat, mereka berkumpul di Hotel Pitagiri dalam memenuhi undangan dari Biro PKLN Setjen Depdiknas, karena rekan-rekan ini adalah tim pendaming ICT yang dibentuk sewaktu Pak Gatot masih menjadi Kepala Biro PKLN, sehingga masih harus mempertanggungjawabkan berbagai pekerjaan yang ditugaskan oleh biro.

Sabtu – Minggu, atas undangan dari Direktur SEAMOLEC, tim ini berkumpul bersama di SEAMOLEC Pondok Cabe untuk diberikan informasi mengenai pengembangan program-program SEAMOLEC dan kemungkin untuk kolaborasi bersama dalam membangun pendidikan di seluruh Indonesia.

Suasana hari sabtu di SEAMOLEC yang biasanya sunyi senyap, sekarang diramaikan oleh seluruh tim yang sudah amat mengenal satu sama lain

Yup, tim ini bukan tim yang dibentuk berdasarkan “proyek” atau berdasarkan “tupoksi” saja. Sebagian besar sudah menjadi sebuah tim yang dibentuk sejak tahun 2000. 

Berbagai program telah dilalui bersama, mulai dari JIS, WAN Kota, ICT Center bahkan sistem perhitungan suara (Situng) pada Pemilu 2004.

Suka duka juga mewarnai kegiatan seluruh tim, mulai dari ada yang menggadaikan mobilnya untuk menalangi pembayaran honor operator Situng Pemilu 2004, sakit karena keliling mensurvai klien WAN Kota atau Jardiknas di pelosok wilayah masing-masing serta kelaparan dan kedinginan saat menjalankan tugas.

Kalau sekedar bertengkar dengan suami atau istri karena lebih mementingkan pekerjaan, itu sudah hal yang amat biasa 🙂

Jangan-jangan, ada yang anaknya sudah memanggil “om” dan “tante” kepada orangtuanya 😀

Yang mengikat seluruh rekan ini sudah bukan program, tupoksi atau uang lagi, yang mengikat mereka adalah jiwa dan semangat untuk memberikan yang terbaik dalam pengembangan pendidikan di daerah masing-masing, khususnya dalam bidang TIK.

Pada pertemuan di SEAMOLEC, dipaparkan program-program baru untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan anak bangsa melalui pendidikan terbuka dan jarak jauh, serta pengembangan infrastrktur pendukungnya, termasuk pembangunan SEA EduNet atau Jejaring Pendidikan ASEAN (kali ini sudah tupoksi SEAMOLEC lho, bukan tupoksi lembaga lain lagi, apalagi wilayahnya adalah ASEAN). Ngomong tupoksi sekarang repot neh.

Saatnya bangkit lagi dan membangun bangsa Indonesia dengan satu tupoksi tunggal, yaitu “mencerdaskan anak bangsa”

(Pak Indra Djati sedang memberikan semangat kepada seluruh Tim Pendamping)

(Peserta yang sedang serius mendengarkan paparan Pak Indra. Tampak sebelah kanan adalah Pak Bagiono, sesepuh ICT Depdiknas)

(Tim penasehat *karena kebetulan duduknya di belakang pembicara*, yang secara kebetulan mewakili sebagian wilayah Indonesia, yaitu Maluku, Jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera)

(Sebagian Tim. Terlihat “dedengkot” KKPI dan Jeni juga mengikuti kegiatan ini)

(Sisi kiri ruangan yang juga mengikuti kegiatan)

 

6 Responses to Pertemuan Pengembangan ICT Pendidikan Nasional

  1. Zhoby berkata:

    pa khalid, pa ripai dari kalimantan selatan ada gak pak?

  2. preme berkata:

    foto yang paling bawah yg laptopnya ngejreng keren lho… :mrgreen:

    semoga sukses selalu pak 😀

  3. Agus Sutrisno berkata:

    Kami tunggu program SEAMOLEC dengan satu tupoksi tunggal, yaitu mencerdaskan anak bangsa”di Kota Malang, Jawa Timur.
    (D3 TKJ Malang Joint Campus)

  4. fadli eka yandra berkata:

    Let’s go Team, we are in new destinations, maked IT to be smart n expert.

    Tanks for all.

  5. adigugun2000 berkata:

    Wah….Fotoku ggah yah…?, kata si fadly. Instruktur bhs inggrisnya kemain falling in love.. 😀

  6. Idham berkata:

    Lain kali jangan hanya bikin Rembuk Nasional… tapi Curhat Nasional… he.he.he.

    “Tupoksi Tunggal” adalah nafas dan darah kita… Olehnya itu siapa yang berani mencederai, maka anak-anak bangsa akan menjerit…

    Rangkulan Hangat buat Team…

Tinggalkan komentar