Email dan Milis

Outlook Saya“Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi….”

Kalimat di atas adalah kalimat sebuah lagu anak-anak yang sering disampaikan sewaktu saya kecil dulu.

Tetapi dalam konteks saat ini sepertinya berubah khusus untuk saya, menjadi “Bangun tidur ku terus buka email….tidak lupa mengecek milis…” 🙂

Kok bisa seperti demikian ?

Kebiasaan di rumah adalah tidak mematikan laptop semalaman, dalam kondisi tetap standby dan membuka program Microsoft Outlook (legal lho…bukan bajakan 😉 ) , sehingga kalau bangun pada pagi hari, bisa langsung melihat email-email yang masuk pada malam hari.

Setiap hari, minimal 400 email yang masuk ke account saya, dari 2 alamat email, yaitu email yang di diknas.go.id dan dari bpgupg.go.id.

Mengapa sampai sebanyak itu ?

Karena saya ikut 87 mailing list, itu juga sebagian mailing list sudah diatur no mail atau daily digest.

Milis saya Salah satu tugas lain pada pagi hari adalah mengecek milis-milis yang saya miliki (own) atau milis dimana saya menjadi moderatornya. Yang saya miliki adalah 19 milis dan memoderasi 2 milis lainnya.

Yang cukup berat adalah memoderasi dan memilah postingan yang harus terkirim pada anggota, utamanya bagi milis-milis yang memiliki anggota banyak (seperti dikmenjur dengan 5600 anggota dan jardiknas yang memiliki 11.000 anggota), karena selain email-email penting, juga sering disisipi oleh email SPAM. Sehingga lumayan repot untuk menghapus keanggotaan mereka dari milis, plus membanned dan menghapus postingannya.

Jadi untuk mengelola semua email dan milis ini, mengecek email setiap hari minimal harus dilakukan sebanyak 8 kali. Malah kalau di kantor, program Outlook saya tidak pernah off dan setiap kali ada kesempatan, selalu mengecek milis untuk menyetujui email yang akan diposting.

Namun asik juga, karena dengan mengikuti berbagai milis ini, pengetahuan jadi bertambah. Banyak informasi baru yang diperoleh dan banyak teman-teman baru yang bisa diajak berdiskusi untuk membuka wawasan…

“Bangun tidur ku terus buka email…..tidak lupa mengecek miliss……”

2 Responses to Email dan Milis

  1. upika berkata:

    yang jadi laptopnya p khalid pasti menderita. Karena sejatinya laptop itu kan kalo ga di pake kudu dimatikan ato setidaknya di hibernate. kesian tu kepanasan pak. 🙂

  2. Toha berkata:

    ah Bapak.. ada saja postingan email saya yang tidak lulus sensor ^_^

Tinggalkan Balasan

