Saya Penipu…

Pagi ini akhirnya internet speedy sudah “normal” kembali setelah kemarin “terkapar” seharian.

Sambil membuka-buka milis dan mengecek email serta membaca satu persatu komentar pada blog ini, saya tertarik dengan salah satu tulisan pada Tulisan Teratas di WordPress, dengan judul “Roy Suryo dan Blogger Penipu” dari Mas Fatih.

Segera saya membaca tulisan tersebut dan melihat beberapa kalimat yang cukup “menarik”, utamanya kata-kata Roy Suryo yang telah dikutip Satya Sembiring yang dilansir dari Detik.com, yaitu:

  1. Blog sifatnya hanya tren sesaat
  2. Blog tidak bertanggung jawab
  3. Blogger itu tukang tipu

Setelah itu, saya mencoba untuk membuka Kamus  Bahasa Indonesia untuk mencari  pengertian dari “tipu.” Akhirnya  menemukan tulisan seperti  ini:

ti·pu n perbuatan atau perkataan yg tidak jujur (bohong, palsu, dsb) dng maksud untuk menyesatkan, mengakali, atau mencari untung; kecoh: — dibalas dng –; — daya;
daya bermacam-macam tipu; berbagai daya upaya yg buruk; muslihat; — muslihat siasat; ilmu (perang dsb): — muslihatnya amat halus; — tepok berbagai-bagai tipu muslihat;
ber·ti·pu·an v saling menipu;
me·ni·pu v mengenakan tipu muslihat; mengakali; memperdayakan: pemilik toko emas itu ditangkap krn ~; dr hari ke hari pekerjaanya ~ orang saja;
ti·pu·an n 1 hasil menipu; 2 Kom teknik memvisualisasikan suatu situasi menurut cerita yg sedang digarap sehingga tampak spt kejadian yg sesungguhnya, msl adegan orang yg ditebas lehernya, kapal laut yg karam
pe·ni·pu n orang yg menipu; pengecoh;
pe·ni·pu·an n proses, cara, perbuatan menipu; perkara menipu (mengecoh): berbagai-bagai cerita tt ~ telah dilaporkan kpd polisi

Nah, dari sini saya mencoba membuat beberapa kesimpulan dan pemikiran:

  1. Roy Suryo mengatakan blogger itu penipu karena ada beberapa “oknum” yang menggunakan blognya untuk menyesatkan, mengakali, atau mencari untung. Kalau menggunakan kalimat ini, maka semua media massa kita juga penipu, karena dalam beberapa pemberitaan, ada beberapa berita yang “menyesatkan”, “mengakali” dan “mencari untung.” Dengan analogi yang sama, maka bisa disimpulkan bahwa bangsa Indonesia ini, termasuk Roy Suryo, adalah teroris, karena ada warganegara Indonesia yang menjadi teroris.
  2. Blog tidak bertanggung jawab….ini idem dengan di atas. Malah selama blogging sebagai  blogger pemula (baru 2 bulan euy…), saya bersyukur belum pernah menemukan blog yang terkesan “tidak bertanggung jawab”, walaupun ada beberapa tulisan yang terkesan “nyeleneh”
  3. Blog hanya tren sesaat…..mungkin bener. Tapi apakah ada yang abadi di dunia ini ? Jadi ingat awal-awal munculnya mIRC, benar-benar tren saat itu, namun sekarang sudah mulai bergeser ke arah komunikasi lain, misalnya voip, skype, dan messenger.
  4. Blog menurut saya adalah sebuah “alat” seperti alat-alat yang lain. Blog sama dengan majalah, buku, televisi yang digunakan untuk menyebarkan informasi kepada orang lain. Bedanya, blog adalah alat yang bersifat pribadi yang dituliskan langsung oleh “tangan pertama”, sehingga setiap pendapat di dalamnya akan bergantung kepada opini pribadi penulisnya.
  5. Dengan blog, maka kita dapat berlatih menulis dan mengeluarkan pendapat. Dalam dunia pendidikan saat ini, kemampuan menulis dan mengeluarkan pendapat peserta didik kita sangat rendah. Dengan menulis, maka kemampuan dan keinginan membaca juga akan meningkat, karena tidak mungkin menulis dengan kosa kata dan wawasan yang sempit, dimana untuk memperluas wawasan, maka dituntut juga untuk membaca.
  6. Pada kasus khusus, blog dapat mempererat antara pejabat dengan rakyatnya, dan membuat masyarakat tahu tentang program-program pemerintah dan dapat berkomunikasi langsung dengan pengambil kebijakan. Contohnya adalah Pak Gatot sebagai pejabat Depdiknas yang saat ini bertanggung jawab terhadap program pendidikan jarak jauh di ASEAN. Dengan blog beliau, maka informasi mengenai program-program PJJ dapat lebih cepat diketahui masyarakat.

Dari paparan Roy Suryo di atas, maka “saya juga penipu”, karena saya salah seorang Blogger😀

20 Balasan ke Saya Penipu…

  1. Saya Penipu… | VOIP mengatakan:

    […] post by Khalidmustafa’s Weblog Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and […]

  2. danummurik mengatakan:

    Dunia ini panggung sandiwara belaka, bahkan penuh tipu menipu, seperti orang main catur, seperti kaum politisi busuk🙂

  3. fadli eka yandra mengatakan:

    Saya kutip juga perkataan Gus Dur “Gitu aja kok repot ”

    Apapun namanya, blog adalah sumber pembelajaran berbasis web, dimana kita bisa belajar memposting tulisan yg kita buat, dll.

    Masalah content adalah tanggungjawab masing-2 dan kalau bisa kita saling mengingatkan kalau ada tulisan yg tidak bermanfaat atau memberikan mudarat kepada khalayak umum, ceee ilee, kayak penasehat saja.

    Hidup Blog bukan Penipu !!!!!!!!

  4. fisha17 mengatakan:

    Iya, bersyukur kita diingatkan Pak Roy. Kita jadi terpacu untuk membut blog yang bisa memberi manfaat. Bukan blog penipu.

  5. adhe mengatakan:

    Baik buruknya sesuatu bergantung dari sisi mana kita melihatnya.
    Alangkah lebih baiknya jika kita berhusnudzhon saja..
    salam kenal pak, saya lg menunggu lanjutan postingan mengenai pbjp bag 3.🙂

  6. […] sudah sangat banyak super hero lain yang bersatu padu menumpas kejahatan dan kemungkaran yang terjadi di kota ini dengan […]

  7. anton mengatakan:

    internetnya dibayarin oleh pemerintah ya, syukur-syukur nggak diputus tuh🙂 …. harus sabarrr yaaaa

  8. Disitu Team mengatakan:

    Hubungan Roy Suryo dengan para Blogger Indonesia sejak dulu memang kurang harmonis, entah sejarahnya bagaimana, Banyak para Blogger Indonesia yang mengkritik dan meragukan kepakaran Roy Suryo, sementara itu sering kali Roy Suryo berbicara ke media pers untuk tidak mengambil bahan berita dari para blogger, karena statement yang diajukan oleh para Blogger tidak bisa dimintai pertanggung-jawabannya. Berkali-kali Roy Suryo mengulang bahwa Blog adalah trend sesaat, dan kali ini Pakar Telematika kita mengatakan bahwa Blogger itu Tukang Tipu.

    Apakah anda memiliki Blog ? Apakah anda penipu ? tapi pertanyaan yang paling penting adalah
    Apakah Roy Suryo seorang Pakar Telematika ?

    Baca disitu
    http://www.disitu.com/index.php?option=com_content&task=view&id=2483&Itemid=27

  9. darmawanku mengatakan:

    biarlah kucing mengeong, blogger tetep maju🙂

  10. nhie mengatakan:

    blogger penipu…aaah..roy suryo kali yg nipu …

    apakah roy suryo benar pakaar telematika??

  11. satya sembiring mengatakan:

    heheh penjelasannya matab tuh
    cuman mau benarkan nama setya sembiring harus nya “satya sembiring ”

    ok thk
    http://www.satyasembiring.co.cc

  12. khalidmustafa mengatakan:

    @satya sembiring,makasih atas koreksinya pak, mohon maaf atas kesalahan yang terjadi, langsung sy benarin nih…

  13. stenlymandagi mengatakan:

    …ulasan yang tajam dan menarik. Kalo ada 1 blogger penipu, tidak serta merta semua blogger penipu. Benar khan pak roy suryo…???
    Maju terus dunia blogging dengan para blogger sejati!!

  14. Bani Mustajab mengatakan:

    Kita harus mengawalinya dengan niat yang baik. Insya Allah, diridhoi Tuhan.

  15. yanuar mengatakan:

    hehehe, salam kenal sebelumnya mas.
    ada dua hal dari kutipan terhadap kalimat roy suryo tersebut, mengingat ia sendiri belum punya blog pribadi.atau kalaupun ada belum pernah ada tulisan
    1. Roy terlalu sibuk, sampai tidak sempat ngeblog (kayaknya nggak banget deh)
    2. Roy nggak ngerti apa apa , makanya nggak berani ngeblog (ini kemungkinan besar)

  16. edoca mengatakan:

    Salam kenal , ulasannya menarik, semakin jelas terlihat mana yang hitam dan mana yang putih. Dari penjelasan di atas dapat saya simpulkan untuk roy, “maling teriak maling”.

  17. fadlyatjo mengatakan:

    anjing menggonggong kafilah berlalu….eh apa hubungannya yah… ditunggu tulisannya lagi pak

  18. sandynata mengatakan:

    nambah satu lagi

    4. blogger tukang nge-hack situs

  19. […] bicara tanpa data dan fakta, bukankah anda bisa saja masuk kategori keparat dan tukang tipu sama seperti para blogger yang anda tunjuk hidungnya ? « Tarif Listrik Progresif […]

  20. Tren Saatleri mengatakan:

    what a language :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: