Boiled Frog Phenomenon

 

As (Polard, 2004) mentioned, If you take a frog and put it in a pot of extremely hot water, it’s obvious that frog will jump and try to get out of the water. However, if you put that same frog in a pot of water that is tepid, and turn the heat on very low, that frog will lay there very quietly; and as the water gradually heats up the frog will calmly fall in a state of unconsciousness; and eventually allow itself to be boiled to death.

 

Pelajaran ini saya peroleh sewaktu mengikuti pelatihan di Korea Selatan tahun 2004 yang lalu dan diberikan oleh salah seorang Professor disana.

Secara umum adalah, apabila anda memasukkan seekor katak ke dalam air yang mendidih, maka secara otomatis katak tersebut akan melompat dan meronta kepanasan.

Nah, coba anda memasukkan katak tersebut ke dalam air yang dingin atau sejuk, maka katak tersebut akan berenang-renang dengan nyamannya. Namun, coba dibagian bawah wadah tersebut diberikan sumber panas yang kecil namun mampu menaikkan suhu air di dalamnya secara perlahan, maka akan terlihat bahwa katak tersebut tetap berenang dan menikmati air yang disangkanya tidak mengalami perubahan suhu yang perlahan.

Hingga suatu saat, ketika air telah mencapai titik didih, katak itu akhirnya mati.

Apa arti dari fenomena ini ?

Sumber panas = Perubahan

Air = Lingkungan sekitar

Katak = Kita

Saat ini banyak diantara kita yang tidak mempedulikan kondisi sekitar yang telah berubah secara perlahan. Apalagi banyak diantara kita yang beranggapan tidak perlu berubah, karena tidak berpengaruh kepada kehidupan sehari-hari.

Banyak yang berkata: “Untuk apa sih belajar komputer, tanpa tahu komputer saya masih bisa bekerja kok” trus “Tidak perlu untuk menggunakan ICT di sekolah saya, tanpa ICT siswa saya masih tetap banyak yang masuk tuh.” Juga “Ah, ngapain SIM-SIM-an segala, tanpa sistem itu, mahasiswa saya masih rajin bayar SPP.”

Namun, tanpa kita sadari, perubahan demi perubahan yang terjadi sudah mulai menggelegak, dan suatu saat nanti, entah kapan, apabila perubahan itu sudah sampai pada titik didih, barulah kita sadar bahwa semuanya sudah terlambat.

Masihkan kita malas untuk berubah ? Masihkan kita acuh pada lingkungan sekitar ?

 

6 Balasan ke Boiled Frog Phenomenon

  1. sengut mengatakan:

    katak itu juga ada dlm film An Inconvenient Truth oleh al-gore mengenai global warning, dan perubahan itu harus sebelum kita terlindas oleh jaman

  2. Fadli Eka Yandra mengatakan:

    P Khalid,

    Saya jadi ingat buku tulisan Taufik Pasiak yang berjudul ” Manajemen Kecerdasan”.

    Semua ada ditulis disana, oh ya, saya punya bukunya.

    Salam kemajuan.

    Fadli
    ICT Jambi

  3. realylife mengatakan:

    saya lagi menuju perubahan pak
    maaf sudah lama nda mampir di sini
    silahkan juga mampir di sini pak
    bloggersumut.wordpress.com

  4. […] Boiled Frog Phenomenon As (Polard, 2004) mentioned, If you take a frog and put it in a pot of extremely hot water, it’s obvious that frog will jump and try to get out […]

  5. Hyorinmaru mengatakan:

    Tiba-tiba saya merasa jadi seekor katak…😕

  6. Hyorinmaru mengatakan:

    … tapi saat ini di sekitar saya dingin Pak, asli… *lha wong di Lab pake AC😆 *

    Duh, tapi direnung2kan bener juga; apalagi kita ga bs brubah scara radikal (ketika ntar airnya udah “hampir” mendidih n kitanya baru sadar).
    Dasar manusia…😕

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: