Analisa Tarif Baru SimPATI PeDe

Semalam browsing di Detikinet.com trus nemu lagi tulisan mengenai Telkomsel yang menurunkan tarif dasar, membuat penasaran juga. Seberapa jauh sih penurunan yang “dijanjikan” 50 hingga 70% dari pernyataan tersebut ?

Menggunakan skema tarif baru yang sudah dimasukkan telkomsel di dalam websitenya, saya mencoba menghitung tarif baru, khusus untuk SimPATI PeDe.

Kenapa SimPATI PeDe ?

Agar bisa dibandingkan dengan tulisan sebelumnya yang juga sudah membahas mengenai promosi 0,5 rupiah / detik dari SimPATI PeDe.

Nah…mari kita mulai…

Apabila gambarnya kurang jelas, silakan mengklik gambar tersebut atau langsung membuka website Telkomsel disini untuk melihat skema tarifnya.

Sebelum menghitung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Penggunaan kata “On Net Mobile” dan “Off Net Mobile” yang tidak umum, menyebabkan saya menebak-nebak apa artinya. Setelah membuka referensi pada link di Simpati Pede, akhirnya bisa paham juga bahwa yang dimaksud dengan On Net Mobile itu adalah Sesama Telkomsel dan Off Net Mobile itu adalah ke lain operator.
  2. Lokal dan non lokal sepertinya sudah dihapuskan, kecuali untuk telepon ke PSTN
  3. Promo 0,5 rupiah/detik kalau dilihat pada tabel di atas sepertinya sudah mulai diberlakukan juga ke lain operator, melihat tabel promo di bagian kanan sudah mencakup keseluruhan, tapi kenyataannya rupanya tidak seperti itu. Tarif tersebut lagi-lagi hanya berlaku untuk sesama Telkomsel. Link informasinya dapat dilihat disini.
  4. Hitungan dibawah, seperti hitungan pada tulisan-tulisan sebelum ini, hanya menghitung tarif ke lain operator. Bukan sesama telkomsel.
  5. Asumsi yang saya gunakan dalam tulisan ini adalah SimPATI PeDe tidak menerapkan 0,5/detik ke lain operator.

Nah, mari sekarang coba dihitung:

  1. Pemakaian 90 detik (1 menit, 30 detik)Biaya yang dikeluarkan pada skenario ini, adalah 90 x 25 = Rp. 2.250,-
  2. Pemakaian 120 detik (2 menit)Biaya yang harus dikeluarkan adalah 120 x 25 = Rp.3.000,-
  3. Pemakaian 180 detik (3 menit)Ini adalah skema yang di iklan selalu dianggap “ideal”, karena menurut mereka, rata-rata orang melakukan panggilan adalah 3 menit. Tarif SimPATI PeDe untuk skema ini adalah 180 x 25 = Rp. 4.500,-
  4. Pemakaian 300 detik (5 menit)Biaya yang dikeluarkan untuk pemakaian ini adalah 300 x 25 = Rp. 7.500,-
  5. Pemakaian 900 detik (15 menit)Saya mencoba untuk menghitung pembulatan 15 menit, agar ada perbandingan harga yang cukup besar dengan skenario sebelumnya. Biaya yang dikeluarkan adalah 900 x 25 = Rp. 22.500,-

Terus terang, sewaktu menghitung ini, saya bolak balik membuka web telkomsel untuk meyakinkan bahwa tarifnya memang sesuai dengan tabel yang ada.

Bagaimana perbandingan harga SimPATI PeDe dengan program IM3 0,00000000001/detik dan XL 0,00000…1/detik ?

Dibawah ini adalah tabel yang saya buat dengan berdasarkan kepada tulisan sebelumnya yang dapat dibaca disini.

XL masih memegang tarif termurah pada menit tertentu. Itu juga karena skenario yang “unik” dimana XL berani menurunkan tarif menjadi Rp. 10/detik.

Saya masih menunggu IM3 yang “katanya” juga akan menurunkan tarif. Namun sampai hari ini masih belum muncul informasi resminya pada website resmi.

Sedangkan SimPATI PeDe ?  Silakan lihat sendiri 😀

Silakan menyimpulkan sendiri 🙂

Iklan

47 Responses to Analisa Tarif Baru SimPATI PeDe

  1. azhar267 berkata:

    klo di itung” emang bikin pusing, tapi saya denger ada operator baru yang tarifnya bisa dibilang lumayan, ktaX di daerah Surabaya dan sekitarnya, saya mohon di cek nich pa’. ^^

  2. Sapr0l berkata:

    Dukung Om Khalid aza dech……………Baca Truz disini…………….hihihihii……….

    Tapi kok Mentang2 TIM Jardiknas BPKLN Bubar YM gw di Cuekin iks…….

    JAhat………..:((

  3. dianmerry berkata:

    wew…. untung aja gak ada yg monopoli, hingga variasi tarif yg semakin menjanjikan-pun bermunculan, saya nunggu info lanjutannya pak, but, klo tarif-x dah kayak gni, mending gak ush pndah kelain operator ya, soalx saya yg pk telkomsel(As sama Sim-Pd), dah hmpr pndh oprtr… hehehehe:)
    thq 4 itungannya!!!~,’

  4. dobelden berkata:

    jadi emang harus jadi konter hape berjalan 😐

  5. omparcom berkata:

    wah puyeng jg hitungnya.., tapi kalau mau hemat beneran bisa sms lebih dulu janjian di skypee… 😀

  6. arinme berkata:

    kalo untuk ke sesama telkomsel??
    kayaknya jadi paling mahal deh…
    bye bye aja deh

  7. gusbagong berkata:

    Wadugh… kok beda ya sama blog ini ya Mas?
    ramdani1428.wordpress.com/2008/04/01/hati-hati-tarif-simpati-pede-baru-1-april-2008/

    Tapi aku termasuk jengkel juga sama tarif baru ga pake pemberitahuan sih..

    Tgl 1 Apr kmrn saya kirim 100 SMS sblm jam 7
    Tak pikir msh Rp.49/SMS eh udah naik jadi Rp.100/SMS
    Saya kirimnya biasanya hbs Subuh ya jam 5-7 lah
    Yah kena deh… 10 rb lebih pulsaku kena

    Iya tuh, klo bkn simPATI PeDe emang ada pemberitahuan?
    Mending kalian2 pake simPATI PeDe kan ada pemberitahuan sampai 31 Maret

    Huh jengkel2 sama Tsel..
    Ga ada SMS Off Peak lagi deh..

    Tarif sekarang sama2 ga ngenakin yah
    Mungkin yg bkn mahal itu SMS ke operator lain jadi 1/2 harga alias 150 aja
    Halah.. kalian2 yg terbiasa nelpon jadi kembali SMS2an dech…
    ngikuutt…

    nb: jangan kaget ya 100 SMS, soale kebiasaanku klo ketik SMS sekarang kirimnya tar malem xixixi…. (pas jam off peak maksudnya)

    sory lagi, copy paste commentku sendiri 🙂
    Sebenarnya blog saya:
    rahmatmh.multiply.com
    atau di profiles.friendster.com/rahmatmh
    Lam kenal aja ya Pak..

  8. WoKay berkata:

    Kalau SMS pake M3 aja.
    Siang-malam, ke operator mana aja sama murahnya.
    Ingat slogannya “rajanya SMS”
    Sekarang MMS juga murah, 350.
    Kalo GPRS/3G… mantab 🙂

  9. Bri berkata:

    dan XL pun letoy, ga kuat 1 jam. nelpon sampai puas ternyata maksimal 1 jam dan sambungan anda terputus. huuuu

  10. Bagas berkata:

    Pokoknya simPATI tetap Tarif paling MAHAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAALLLLL….

  11. walau gabaimana pun saya tetep pake simpati 🙂

  12. wety berkata:

    Bener ga neeehhh, duh saya bukannya senang tapi jadi bingung…:D

  13. rezco berkata:

    puanteesss nelpon semalem kena 7000 pebuh

    ganti sim card “kawin sama kambing” ahh…. 😀

  14. ajismustopa berkata:

    “wah kalau aku mah selalu pakai dua kartu, nelponnya murah banget sesama operator, xl sama xl, telkomsel sama telkomsel, jadinya gak payah ngitung capek deh, bagaimana dengan anda?”

  15. SEPRIADI berkata:

    salam..
    wahhh.. ga salah tuh mas….?
    kemaren wa nelpon make simpati biasa (yg udah wa jadiin Simpati PeDe) ke nomor As (sesama Telkomsel) pada tanggal 1 April ternyata malah mahal banget…
    baru 15 menit udah habis pulsa Rp.4850.
    Biasanya kan se jam nya sekitar Rp.3300
    Nahhhhh da pa nehhh……
    wa jg heran.. katanya tarif 0,5 nya di perpanjang sampe akhir juni..
    ato kartunya harus di jadiin PeDe lagi…????

    TELKOMSEL… APAKAH ANDA MENIPU SAYA SEBAGAI PELANGGAN…????

  16. fikriana berkata:

    Aduh telkomsel mentang-mentang yang peke banyak jadi gak jelas gini sih, konsumennya jadi bingung!!!!!!

  17. nenyok berkata:

    Wah rajinnya menghitung-hitung, tapi harapannya semoga emang bener2 turun ya tarifnya.
    salam kenal 🙂
    http://nenyok.wordpress.com

  18. Rei berkata:

    bung khalid..dengan analisa bung dan aplikasi langsung dengan lama waktu bicara, terbukti kalau katanya tarif ponsel per april akan lebih murah, yah jauh panggang dari api..
    dari hasil perhitungan bung khalid per 15 menit telp kita bayar Rp 4,850,- berarti pemakaian sejam nantinya akan mencapai diatas Rp.5000,-. Sementara dulunya simpati pede per 2 jam Rp. 5,070,- berarti tidak ada penurunannya dunk..
    mending sekarang kita hunting ke operator yang jauh lebih murah..
    ga perlu setia pada satu operator dah…apalagi simpati..

  19. ramdani1428 berkata:

    Mas, gak diitung ampe sejam???
    Pemakaian rata-rata 3 menit itu kan emang analisa sepihak dari telkomsel doang. Teman-taman yang biasa pakai jam-jaman gimana?
    Terjadi kenaikan tarif luar biasa dengan pemberlakuan tarif ini jika memakai telefon lama. (yang merupakann alasan sebagian besar orang berpindah ke PeDe)

    Tarif lama nelfon sejam = (25 x 60) + (0,5 x 60 x 59) = 1500 + 1770 = 3270
    Tarif baru nelfon sejam = (12 x 25 x 60) + (0,5 x 60 x 48) = 18000 + 1440 = 19440

    Peningkatannya hampir 6X LIPAT!!!
    sementara jika memakai telefon sebentar TIDAK ADA PENURUNAN!!
    Ini memang menuntut kita untuk kembali memakai telefon dengan bijak

  20. whennie berkata:

    kaget banget…..waktu nelpon 30 menit abis Rp 10.000 pdhal sesama operator, biasanya Rp10.000 bisa buat 4 jam tlp….cape dech…provider skarang dah pinter2 n pelanggan skrang gampang d bodohi….termasuk aq kale…hehehe…
    knp ga pk pemberitahuan ke pelanggan, klo ada tarif baru…..brarti penipuan donk,…cape dech……..
    AYO GANTI PROVIDER,EMANG D INDONESIA CM SIMPATI DOANK,……..

  21. fizeau berkata:

    Mmmbbbbeekkkk………

  22. nano berkata:

    kuammmmmpreeeeetttttttttttttttt……
    aku sudah 5 tahun pake simpati
    dan sekarang dikecewakan dengan tarif promo barunya….
    simpati bener2 kuammmmmpreeeeetttttttttttttttt……

  23. nano berkata:

    mari kta rame2 boikot simpati, kita pindah operator lain aja…

  24. khalidmustafa berkata:

    hehehe…mungkin karena saya bukan pengguna Simpati, makanya gak isa bandingin sebelum dan sesudah kalau sesama simpati yah…

    dan semua tulisan saya emang masih membandingkan ke lain operator, bukan ke sesama operator…

    lom ada waktu yang cukup luang nih untuk nulis yang lebih lengkap sampai ke sesama operator 😦

  25. risdania berkata:

    haduw,,beneran sekarang ney perang tarif bisa membuat pelanggan tertipu klo ga bener2 memperhatikan syarat yang terkait,,

  26. […] begitu kita menambah pulsa lagi. Otomatis argo BONUS kembali MACET…!!! Aku rasa gak perlu analisa rumit untuk menjelaskan kebohongan […]

  27. y2n berkata:

    Masa iya sih,.. setahu saya kok skema tarif ini tidak berlaku ke lain operator … shiiit!

  28. juraganindoor berkata:

    kalo ke lain operator, SIMPATI PD emang lebih murah tapi sesama operator NYEKIK banget!!!! dengan tarif mahal, pake seluler udah nggak ber-SIMPATI lagi…..!

  29. […] begitu kita menambah pulsa lagi. Otomatis argo BONUS kembali MACET…!!! Aku rasa gak perlu analisa rumit untuk menjelaskan kebohongan […]

  30. […] begitu kita menambah pulsa lagi. Otomatis argo BONUS kembali MACET…!!! Aku rasa gak perlu analisa rumit untuk menjelaskan kebohongan […]

  31. Aprina berkata:

    wah..analisanya membantu banget nih…

    bagaimanapun strategi harga yang dijalankan oleh seluruh operator semuanya kembali ke konsumen. jika tidak ingin terjebak pada permainan maka konsumen harus bisa melihat, menilai dan memutuskan untuk menggunakan kartu apa yang keputusan itu tentu sebaiknya berdasarkan kebutuhan kita.

  32. me berkata:

    gimana dgn perbandingan tarif mentari coz aku pk mentari. kyny skrg sms bonus nya bs k smua operator. nelp teteup mhl tp kl gprs kykny plg mrh d. ak jg pny simpati pede, xl tp bingg kdg2 trfny jd g ssuai keinginn, ktipu kli y g tw syaratnya.

  33. gitaris berkata:

    bagus bgt inf0x pak.trims yup!
    sbnarnya pilihan kartu yg tpat trgantung dr pnggunaan pmakai.n0mer2 yg sering d hub tu dr 0perat0r ap,dan juga kita lbh sring mlakukan SMS at0 tlf.klo d daerahq,tmn2 bny yg pkai M3,tp family bny yg simpati.klo aq,ttp pkai M3,c0z biaya GPRS super murah,chat d mig33 1 jam privat ma bny user dan d r0om cm 500perak!jd g perlu byr tlf mahal lg,cek mail ckp d HP.skrg ad yg br,AXIS.GPRS free 100MB/bln.SMS n tlf jg mrh bgt!

  34. jon berkata:

    iya simpati pede mahal sekarang..

    Mendingan pake XL.
    Telp sesama XL Rp.600 Sepuasnya…
    SMS GRATIS sesama XL
    Telp operator lain lokal / interlokal Rp.10/detik (Area Sulawesi, karena gw ada di makassar)

    jadi udah tau simpati pede mahal kenapa masih di pake / komplain? yg mau dibodohi sapa?

    pindah aja ke operator lain, gampang kok… ngapain pake kartu yang notabene kita tahu mahal. simple as that!!!

  35. nDOET berkata:

    HIDUP VoIP indonesia ajah..
    FREEEEEEEEEEEEEEEEE…
    kapan yah ada telpon rakyat… ??
    kita mikir bareng yuuukz.. biar bisa terwujud..

    LOWONGAN :
    Dicari operator yg bisa telpon gratis ke semua operator ?
    (ada gak yah ?? )
    Dicari operator yg bisa ngasih bonus bulanan.. ?
    (mimpi kali yah ??)

    dah segitu ajah… MERDEKA VoIP Rakyat

  36. khomeinimuj berkata:

    coba cari analisa transparan di WEBLOG saya…
    hehehehehhe

    salam kenal pak….
    really nice to know you and reading your blog…

    cheers”””’

    ===

  37. untuk tarif simpati pede saat ini, kalo menurut saya memang UNTUK SESAMA OPERATOR simpati pede masih kalah dibanding XL dan indosat. Tapi untuk KEBEDA OPERATOR tarif simpatipede adalah YANG TERMURAH.

    @khomeinimuj : Nice posting.

  38. raka berkata:

    analisa nya oke juga, tp kenyataan dilapangan terbukhti lain….
    di daerah gw maluku khususnya tual rata2 banyak yang mengeluh,…. uda signalnya jelek, nelpon aja 1000x baru bisa nyambung….., gw sebagai pelanggan sim pd sangat2 keeeeeceeeewa., mending pake telp rumah lebih hemat.

  39. […] yach klo’ itungan saya keliru). Padahal, janjinya 50% s/d 70% (saya tau ini dari blognya pak Khalid). Ada juga dinyatakan besaran angka ini di arsip detik.com (oleh DirUt Telkomsel sendiri malahan). […]

  40. Fandy berkata:

    Simpati PeDe…. PeDe aja lagi dengan tarif mahal…. (jawab Telkomsel) hehehehe..

  41. nobi berkata:

    simpati sialllllllllllll, bilangnya diperpanjang ampe juni tp kemarin ak telpon ke sesama simpati cuman 1/2 jam tarifnya sampe 10600. pa ga gila tuh…… nyesel sekali pake simpati. kalo ga percaya coba aja telpon nyampe 1/2 jam. SIALLLLLLLLL!

  42. […] pertandingan diawali dengan pertarungan antara IM3 dan XL, kemudian dilanjutkan dengan turunnya SimPATI PeDe dan Kartu AS dari Telkomsel, juga Three sebagai operator nomor 2 termuda di Indonesia turun dengan […]

  43. sonatine berkata:

    bingung ah…
    mau murah tp ada syarat smua..tunggu brp menit doloo….
    ada gak seh yg konstan brp per detik gitu tp gak pake syarat setelah brp menit… asalkan per detik gak mahal2 amat tp gak pake syarat setelah brp menit aku sih gak masalah..tp yg jelaz sinyal harus bagus biar komunikasi gak putus2….
    katanya xl suka putus2…jd mualez wlo mo semurah apa juga klo komunikasi putus2 apa enaknya…berarti hitungan nelp mulai dr awal lagi, nunggu brp menit br gratis lagi… CAPEK DEHHH XL……
    mending simapti kali yah…

  44. waduh,,,,jadi binun ni,,,saking banyaknya tarif murah dari no perdana,,,pilih yg mana ya….yg pasti aku pilih yg tarifnya sangat murah meriah,,,hehehe

  45. Tertipuuu???!!! berkata:

    Waaahhhhh, konsumen jadi pada pusiiiiinnnggg karena perang tarif…. mending pake cdma aja….. kemana2 asyik2 aja…gak ribet, gak ada tipuan…. Cuma masalahnya…. flexi yang merajai pasaran cdma. padahal kan esia lebih murah tuh……
    Sodare-sodare…… jangan mau ditipu sama peang tarif GSM…..ujung2 nya tetap lebih mahal daripada CDMA…..

  46. ASRIADI berkata:

    saya pingin setting gprs untuk hp anycool gc668 tapi koq sampe skrang tdk ada yg tahu

  47. Rumah Pulsaku berkata:

    Ketika blogger saling berkunjung, maka tali silaturahmi akan tetap terjaga. Met kenal ya sob, nice article 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: