Tarif IM3 diturunkan menjadi 0,00000000001 / detik

Setelah beberapa hari ini memperoleh “isu” tentang tarif XL yang akan turun menjadi 0,00….1 / detik, namun sampai hari ini belum ada informasi satupun di website resmi XL, pagi ini saya terkaget lagi melihat justru IM3 yang sudah meluncurkan program resmi dengan 0,00000000001/detik.

Dengan komponen biaya ini, maka sebenarnya sudah dapat dianggap “gratis”

Informasi ini juga sudah dimuat pada website resmi IM3 yang dapat dilihat disini, sehingga saya berani mengeluarkan analisa biayanya dan mencoba kembali membandingkan dengan program sebelumnya.

Skema secara umum untuk program ini adalah:

  • Nelpon ke sesama Indosat (IM3, Mentari, Matrix dan Starone) hanya Rp 0,00000000001/ detik setelah 90 detik (detik ke 91 dan seterusnya). Tarif Rp 15/ detik untuk 90 detik pertama (1,5 menit).
  • Nelpon ke operator lain dan PSTN setelah 90 detik (detik ke 91 sampai 180) hanya Rp 0,00000000001/detik, kemudian berulang kembali. Tarif Rp 25/detik untuk 90 detik pertama.

Disini  terlihat bahwa promo ini masih dikaitkan dengan alokasi waktu tertentu untuk pemberlakukannya, sehingga masih diperlukan “hitung-hitungan” khusus.

Mari kita coba hitung dengan beberapa skenario (sekali lagi, saya mencoba menghitung ke lain operator, bukan sesama Indosat):

  1. Pemakaian 90 detikBiaya yang dikeluarkan pada skenario  ini masih tetap sama dengan  tarif sebelumnya, yaitu  90 x 25 = Rp. 2.250,-
  2. Pemakaian 120 detik (2 menit)Disini efek dari program tersebut sudah terasa, dimana biaya yang dikeluarkan adalah (90 x 25) + (30 x 0,00000000001) = 2.250,0000000003, atau dapat dianggap sama dengan Rp. 2.250,-. Rata-rata biaya pemakaian per-detik adalah Rp. 18,75
  3. Pemakaian 180 detik (3 menit)Ini adalah skema yang termurah untuk IM3, dimana tarif terendah berada pada posisi ini. Biaya yang dikeluarkan pelanggan adalah (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) = 2.250,0000000009 atau dapat dianggap sama dengan Rp. 2.250,-. Tarif rata-rata adalah Rp. 12,500000000005 atau tetap sama dengan Rp. 12,5 / detik
  4. Pemakaian 240 detik (4 menit)Biaya yang harus dikeluarkan pada skenario ini adalah (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) + (60 x 25) = Rp. 3.750,0000000009 atau dapat dianggap sama dengan Rp. 3.750,- dengan rata-rata per-detik sebesar Rp. 15,625
  5. Pemakaian 270 detik (4 menit 30 detik)Skenario ini adalah skenario yang termahal bagi Im3, dimana biaya yang harus dikeluarkan adalah (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) + (90 x 25) = Rp. 4.500,0000000009 atau dengan rata-rata Rp. 16, 67 per-detik.
  6. Pemakaian 360 detik (6 menit)Ini adalah pengulangan skenario 180 detik, dimana merupakan skenario termurah dari Im3. Biaya yang dikeluarkan adalah (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) + (90 x 25) + (90 x 0,00000000001) = Rp. 4.501,0000000008 atau dengan rata-rata Rp. 12,5 per-detik

Mari sekarang kita coba bandingkan tarif ini dengan tarim promo IM3 sebelumnya yang sudah saya tulis disini dengan nilai promo 0,01 / detik (semua angka dibelakang koma saya hilangkan, karena tidak signifikan dengan pembiayaan):

Apa kesimpulannya ?

Kesimpulannya, sama saja dengan program 0,01/detik. Artinya, masih tetap menggunakan bahasa yang BOMBASTIS untuk mempromosikan sesuatu😦

Selama masih ada persyaratan “berlaku setiap kelipatan detik tertentu”, maka masih tidak akan ada perubahan di masyarakat.

126 Balasan ke Tarif IM3 diturunkan menjadi 0,00000000001 / detik

  1. nieth mengatakan:

    waahh,,, jeli juga ne Pak Khalid..

    thx 4 d info yach,,

    Btw, Pak,, OOT ya,, Qta sebagai mahasiswa D3 kan dapet tugas bwat nyobain game ama ngasih comment (meng-kritisi) dari finalis dari game tech n animasi 2008, nah, Qta disuruh ke Blognya Pak Imam.. Btw alamatnya apa ya??

    Tq Pak..😉

  2. nieth mengatakan:

    sori2,, lupa Pak..

    Gamesnya ada di alamat ini : http://amanah. its-sby.edu/mk

  3. Junarto mengatakan:

    OK, kesimpulannya, untuk telpon singkat CDMA masih unggul
    Tapi kalau telepon lebih dari 3 menit, GSM sekarang sudah menggeser CDMA.

    Jadi, beli dua ponsel!
    😀

  4. Eko Prasetyo mengatakan:

    Bagaimana kalau sistem pulsanya diganti Om? Tambah asik gak yah ^^!;

  5. khalidmustafa mengatakan:

    @Junarto, wah..sy lom sempat itung2 CDMA sih…tapi makasih atas infonya, bisa jadi bahan pertimbangan nantinya🙂

    @Eko, diganti gimana yah ??

  6. Zul ... mengatakan:

    hebat, sampeyan, sempat-sempatnya bikin kalkulasi.
    Terimakasih infonya.
    Kita tunggu penurunan tarif intekoneksi besar-besaran 1 April nanti.

    Tabik!

  7. zizaw mengatakan:

    Coba kalo ke operator lain juga tarif sama. Dan ga ada syarat…. saya yakin pemakaian meningkat dan indosat akan tambah untung

  8. satya sembiring mengatakan:

    aduh cepek deh dengan iklan akal akalan.
    eh udah nlp 1,5 menit malah error jadi harus ulang lagi. 1,5 menit mati ulang lagi
    huuuuuuuuuuuuuuu mati dehhhhhhhhhhh

  9. idiotz mengatakan:

    wah, lengkap kalkulasinya, ngelink ah😀

  10. […] Khalid Mustafa sudah bikin hitung-hitungannya komplitt! Dan membuat kesimpulan: ndak ada bedanya 0,01 lama atau […]

  11. […] Khalid Mustafa sudah bikin hitung-hitungannya komplitt! Dan membuat kesimpulan: ndak ada bedanya 0,01 lama atau […]

  12. kelix mengatakan:

    entah benar entah salah saya tidak bisa hitung. menelpon ke sesama indosat (M3 ke M3) dari pulsa 5950 selama 8 menit 33 detik hanya terpakai Rp. 1350, itu dilakukan jam kantor alias jam 9 pgi. apa lagi kalo malam hari terbukti sudah 2 kali melakukan telpon kesesama selama 30 nenit 22 detik hanya terkena 2000 an dari pulsa Rp.10150 tinggal 8650 an.
    itu dilakukan 2 kali dengan jangka waktu yang sama 30 menit 33 detik. jadi 1 jam cuma 4000 an, entah kesalahan saya apa kesalahan indosat.
    hal ini berbeda dengan Mentari yang saya punya, sudah tergabung dengan mentari hebat tetap saja pulsa yang terpakai bukan 50 / 30 detik. dan jg bonus 1 menit pertama tetap tidak bisa terpakai. walaupun masih ada pulsa. bagaimana ini Indosat……..

  13. papabonbon mengatakan:

    kalo yg xl tarif baru gimana ?

  14. layudhi mengatakan:

    ternyata “setengah” masih lebih murah dan lebih transparan

  15. realylife mengatakan:

    pengennya gratis aja
    gimana pak ? setuju ngga ?
    itu saja

  16. lupuzmillenia mengatakan:

    Oh, dunia iklan….
    Beli 1 dapet 3 (sama aja nyuruh beli 3 biji)……

    Salam,

    “Lupus”
    http://www.cafebisnis.com/cd (optimalkan kinerja wordpress)
    http://www.lupus.co.nr (planet wordpress dan sekitarnya)

  17. p4ndu_454kura mengatakan:

    Saya pas nyoba yang promo 0,1Rp/detik cuma habis kurang dari Rp 1.500 selama 30 menit. Apa skema itu tetap berlaku sekarang?😕

  18. sarahtidaksendiri mengatakan:

    GSM berlagak murrah…hehe

  19. pramudyaputrautama mengatakan:

    alah capek komentari perang tarif …
    kalo gw yang penting buat call gak drop call, gak kremesek, gak susah call beres…
    masalah tarif itu urusan perusahaan gw, gw dapet jatah alias dibayarin ama perusahaan gw, dan dari jatah itu aja gw kagak abis dalam waktu 3 bulan. ngapain gw pusing.buat apa tarif Rp.0.000…1 / sepuasnya kalo kualitas 0.000….0 / seterusnya.
    saran buat operator2 yang bangga2in tarifnya paling murah…daripada PERANG TARIF mending loe-loe pada PERANG SERVICE dan KUALITAS …!!!

  20. khalidmustafa mengatakan:

    @papabonbon, XL lom masukkan di web resmi mereka, jadi belum saya hitung

    @realylife, wah, kasihan klu gratis, gmn mereka bisa memperluas layanan ? Cuman, kalau caranya seperti ini ya kebangetan juga😦

    @p4ndu, itu ke lain operator atau sesama operator ?

  21. Fikrul Setiawan mengatakan:

    telepon gratis ad gak ya

  22. rimbakalis mengatakan:

    yang wajar saja gunakan tlp secukupnya
    jangan mudah diracuni iklan seperti itu

  23. fatbee mengatakan:

    Matur suwun Pak, informasinya, walau kesimpulannya sami mawon.
    Tapi jadi seneng aja dah miara IM3 3 (tiga) tahun ini.
    Salam.

  24. hariadhi mengatakan:

    bhuuu

    Hoi, marketer! Kapan kau mau luncurin program yang JUJUR!? Apa bohong sudah jadi bagian pekerjaanmu?

  25. rwinciyin mengatakan:

    marketer berkata “qt ndak bo’ong ko,qt cuma memberikan penawaran” weleh podo wae

  26. purmana mengatakan:

    ah cape ama yang ginian…

    kalo mau nurunin harga ya tinggal turunin aja… gak usah dengan bahasa BOMBASTIS kaya gitu. Apalagi pake hitung-hitungan yang bikin pusing segala…

    nunggu 1 April nih, sebesar apa ya turunnya??

  27. missglasses mengatakan:

    halah, pusing ah ngitungnya ^^

  28. cempluk mengatakan:

    perhitunngan yang matang pak..hehehe..

    saya masih blm bergeming dari simpati..hehehe:P

  29. No Comment mengatakan:

    IM3 advertisement

  30. westnu mengatakan:

    m3 vs xl aduuhh…..

    yang penting pelanggan puas🙂

  31. raddtuww tebbu mengatakan:

    kalo XL baru berlaku tanggal 8 kalo ga salah,, itupun ada jam2 khususnya,, jam 10 malam sampe jam 10 pagi,, tapi memang tarif 2 menit pertamananya kalo sesama XL Rp.10/dtk nah, kalo ke operator lain Rp.25/dtk *pokoknya lanjutannya membingungkan..😆

    ke IM3 juga sama aja bingungin..
    SIMPATI Pede lebih Parah,, udah paling mahal diantara yang lain,, pake acara gangguan lagi,, XL sama IM3 si sejauh ini gak ada kendala,, saiia yang pake Halo jadi ikut kena imbasnya,,😥 padahal kan tidak ikut menikmati tarif murahnya..😡 MENYEBALKAN!!!!

    akhirnya,, saya pake 4 hape,, (bneran 4 ini siii,, IM3, XL, Halo, sama FLEXI)
    PARAH!!!:mrgreen:

  32. okikuswanda mengatakan:

    puas dahhhhh

    perang harga dah biar gratis sekalian

  33. tasmerah mengatakan:

    nggak perlu di laporkan ke YLKI kan…? he..he..
    aq masih setia ama fren – ku..lam kenal.

  34. ekoindri mengatakan:

    selamat proyek lancar dan stabil mau 1000/detik juga nggak masalah jika telp selama 10 menit bisa menghasilkan nilai proyek 1 M.

    ini perhitungan yang tambah mantab, kekekekekek

  35. anggavantyo mengatakan:

    pemikiran matematis yang keren..
    salam kenal..
    mau ngunjungin situsku dan sharing bersama?

  36. fahroe mengatakan:

    aku ndak tertipu M3, q masi setiya ma XL quh😛

  37. rwinciyin mengatakan:

    @fahroe iya xl tah mas…sam dunks

  38. galihyonk mengatakan:

    hoHOho,,
    sekarang tarip telpon semakin murah meriah ya..
    (seneng..)
    Salam kenal Mas,,

  39. Saiful Adi mengatakan:

    Apa dalam ilmu marketing atau iklan begitu? kayaknya ga ya. benar Mas Khalid saya setuju klo ini pembodohan …

  40. Dodolz mengatakan:

    Cape’ deeeee..

  41. […] perhitungannya, saya kembali menggunakan skenario pada tulisan sebelumnya, dengan penambahan alokasi waktu diatas 10 menit hingga mencapai 15 menit agar masuk dalam cakupan […]

  42. mbelgedez mengatakan:

    Walah….

    Kartu Halo sayah udah sayah pake sejak taon 96….

    Males ganti lah….
    😆

  43. hmcahyo mengatakan:

    pokoknya yang asyikk itu pelanggan🙂

  44. deivone mengatakan:

    wow…………seru ya semua operator celuler di indonesia lagi pada perang tarif……….
    tapi te2p ja masih mahal eung di banding dg negara lain…….
    soalnya sms murah tlp mahal………ato sebaliknya……..kya salah satu operator (maaf ya aq g sebutin operatornya pa??) untuk krtu A.350/sms tlp cm 0.1/ dtk dan kartu B 99/sms tlp 500 ato 250 /dtik ……..te2p ja mahal ya ???
    tapi mungkin ne stratregi bisnis……………..

  45. Nanang Suryana mengatakan:

    lama-mlama digitnya gak cukup trus pake dikali sepuluh pangkat negatif…..😀

  46. andi mengatakan:

    bukan jebakan hahahaha

  47. alumnismun1tamora mengatakan:

    Indosat terlalu pandai bersilat lidah, eh ujung2xnya malah nipu orang. Buat iklan gitu apa gak dosa ?
    Yang transparan aja deh kayak flexi, tarif flat sejam cuma +/- Rp.3000,- (bukan promosi lho) hanya bandingkan. Mendingan pake VOIP kantor gak bayar lagi heheheh….

  48. Riri Audiya mengatakan:

    hehe. makasih udah nyoba ngitungin..

  49. anginbiru mengatakan:

    yah,, namanya juga buat memikat calon pelanggan, pak… paling nggak,, biar calon pelanggan itu mau untuk mbaca,, mempertimbangkan,, syukur2 make.. huehe..

    tapi,, jadi bertanya-tanya,, benernya tarif buat nelpon tu berapa je kok perang tarifnya segini hebohnya…?? *mikir keras*

  50. hariadhi mengatakan:

    Tarif sebenarnya? Kalau ga salah kemarin ada bahasannya di SINDO apa Kompas, lupa.

  51. tanpabendera mengatakan:

    Salam Damai …

    Blog nya bagus .. semoga bermanfaat untuk kita semua ..

    jika berkenan silahkan kunjungi BLOG kami :
    http://tanpabendera.wordpress.com

    tnx …

  52. Eko Prasetyo mengatakan:

    Maaf mas khalidmustafa baru sempat balas. Maksud saya sistem pulsa diganti dengan sistem masa aktif saja seperti yang saya tulis di blogku. Tapi sampai sekarang prediksi saya belum terjadi mungkin belum banyak yang pro kontra di postingan saya tersebut. Untuk merealisasikan silahkan ikut berkomentar di blogku dengan mengambil suara setuju tentunya
    (Patrik ayo main lompat tali, hahahahax hahahahax)
    Kabur…..

  53. bambang mengatakan:

    kalo dengan simpati pede gmana pak perhitungannya?

    apakah sama aja

  54. ف ت ب ي mengatakan:

    Nich Yg Kutunggu Dari IM3:

    1. Tarif Antar-operator Murah Mulai Detik Pertama Ampe Jebol Baterey HP, Ga Pake Nunggu Sekian Detik dulu, Ga Pake Ulang-ulangan.
    2. Tarif GPRS Murah: Time-based Rp25/Menit; Volumebased Rp0,1/Kb. Mulai Pertama dan Seterusnya.

    IM3 Berani Ga Tuch?
    Ga Berani berarti Cemen Aja…

  55. Wawan mengatakan:

    Mantap, informasi nya lengkap sekali. Emang saya dari dulu nggak percaya sama yang tarif murah, pasti ada yang nggak bener.
    Ini yang namanya “Menggunakan statistik untuk berbohong”.

    Salut buat Mas Khalid.

  56. Harry mengatakan:

    Yang penting makin hari tarif makin murah, bandingkan sama tarif setahun yg lalu,…sekarang lebih mendingan jauh lebih murah, cuman masalahnya kantong orang Indonesia semakin tahun semakin tipis, tarif semurah apapun bakal tambah makin mahal😛

  57. simple mengatakan:

    kawin aja ma monyet??!!

    hmmm… perang tyus deh… kapan yah nelpon n sms selamanya gratis??

  58. emusa mengatakan:

    salut abis ama im3 e…salah ama mas khalid.gini2 juga pake im3

  59. […] Maret 14, 2008 · No Comments […]

  60. […] perhitungannya, saya kembali menggunakan skenario pada tulisan sebelumnya, dengan penambahan alokasi waktu diatas 10 menit hingga mencapai 15 menit agar masuk dalam cakupan […]

  61. […] Tarif IM3 diturunkan menjadi 0,00000000001 / detik […]

  62. funkshit mengatakan:

    gga mudeng kalkulasinya ..

  63. arizane mengatakan:

    keren, tapi kadang meleset sama yang dilapangan yah pak, saya 30 menit gag sampe 2000an pak…

  64. tariq mengatakan:

    Aku (daftar xl bgm yah

  65. [PaW] mengatakan:

    perhitungan yang jeli.. saya mah tetep setia sama halo.. males tuker2 nomor😀

    yang paling murah? mau gratis? ya ga usah nelpon aja😛

  66. […] memang, disaat tarif kian murmer, layanan kian mahal. Haruskah pindah ke lain hati ? (Lah emang operator lain sekarang gak mengalami […]

  67. […] juga membandingkan tarif IM3 0,01/detik dengan tarif IM3 0,00000000001/detik. Kesimpulannya ternyata sama saja dengan program tarif 0,01/detik. Lalu, ia juga membandingkan […]

  68. anis danar mengatakan:

    tarif m3 beli 1 gratis 1
    tlp 90 dt gratis 90 dt alias 1/2 harga

  69. Romi Satria Wahono mengatakan:

    Padahal ngubah spanduk sampai ribuan atau mungkin ratusan ribu gitu perlu biaya tinggi yah. Paling tidak target omzet baru hasil perubahan harus sangat-sangat lebih besari daripada biaya spanduk🙂

  70. pico seno mengatakan:

    pak Khalid,

    terima kasih atas sharingnya… mudah-mudahan banyak konsumen yang membaca analisis ini sebelum mengambil keputusan, pastinya akan sangat membantu.

    opini saya: seharusnya para operator bersaing di angka yang jauh lebih rendah untuk menit yang lebih panjang atau alternatifnya angka 10.000 – 300.000 untuk flat rate. Seharusnya pertengahan tahun ini flat rate itu sudah bisa terjadi, mengingat backbone di Indonesia barat sudah terbangun penuh dan teknologi voice over ip sudah digunakan secara umum (mereka juga sudah menggunakan untuk tarif yang sekarang).

  71. fadli mengatakan:

    apa enaknya jika mau telp terus diomelin… “nmr yg anda tuju sedang sibuk” atau “tidak ada jaringan” atau “jaringan overload” heheheheh ke laut aja deh

  72. akhwat_sporty mengatakan:

    Oalah…cermat bener Bapak ini🙂 Thx banget atas infonya ya🙂

  73. maz_dandy_niy mengatakan:

    Wah.. sangat jeli dalam memperhitungkan tarif yang ditwarkan. Jadi kembali ke diri kitanya aja, jangan mudah percaya ama penawaran yang ada.
    Yah.. namanya juga penawaran, dan itulah BAHASA MARKETTING !!

  74. […] Update 20 Maret 2008: Baca penjelasannya di Tarif IM3 diturunkan menjadi 0,00000000001 / detik […]

  75. Teguh Prihattanto mengatakan:

    wah alhamdulillah tulisan saya di

    http://deconlabel.com/2008/03/10/tarif-im3-rp-001-ternyata/

    sudah ada yang menjelaskan dengan lebih detail lagi ..🙂

    thanks mas khalid ..🙂

  76. tguh mengatakan:

    emang tuh..bikin kesel jg indosat.mentang2 promo 0,1 eh setiap 30mnt mati,klo lg ga beruntung ga bisa di hubungi..
    klo emang IM3 bner2 ngasih tarif 0.00000000001.
    bisa tutup lah opertornya,bangkrut mksudnya.

  77. […] murah tarif telpon setelah baca referensi tarif gsm mas khalid aku berpikir kalo tarif termurah untuk kelas handpone gsm diduduki oleh xl, tapi kualitas jaringan […]

  78. adek mengatakan:

    Buat perbandingan aja. Mohon dikoreksi kalau ada yang salah, berhubung dapet..

    Indosat ( IM3) telepon ke operator lain = Rp.25/detik untuk 90 detik pertama, Rp.0.00000….1 = gratis untuk 90 menit berikutnya, skema berulang untuk menit berikutnya.
    sebagai contoh hitungan menelepon selama 1 jam.

    1 jam = 3600 detik. 3600 dibagi 90 detik = 40. Jadinya dalam satu jam, ada 20 kali tarif Rp 25/detik (1800 detik) dan 20 kali tarif Rp.0.00000….1 (1800 detik).

    -1800 detik (Rp 25/detik) = Rp 45.000

    -1800 detik (Rp.0.0000….1) = gratis

    Total = Rp 45.000 (dalam 1 jam)

    XL ( Bebas ) telepon ke operator lain = terbagi dua perhitungan ( Jawa,Sumatera,Kalimantan,Papua,NTT,Ambon,Papua,Bali, Lombok ) tarif hingga menit ke 2 Rp.25/detik = 2 menit 120 detik = Rp.3000 setelah menit ke 2 hingga menit 10 = 0.0000…1 = Gratis, tetapi setelah 10 menit tarif Rp 10/detik dst.
    contoh hitungan dalam 1 jam (3600 detik)

    -2 menit terpakai = 120 detik = Rp 3000

    -8 menit terpakai = 480 detik = gratis

    -sisa 3000 detik (Rp.10/detik) = Rp 30.000

    total dalam 1 jam = Rp 33.000

    Telkomsel ( PeDe ) telepon sesama & ke operator lain sama tarifnya
    menit ke 1 = 25/detik, menit ke 2-5 Rp 0.5/detik, menit ke 6 Rp. 25/detik, menit ke 7-10 Rp 0,5/detik. skema lanjut seperti itu (berulang setiap 5 menit).

    hitungannya dalam 1 jam yang Rp 25/detik ada 12 kali = 720 detik = Rp 18.000.

    sedangkan untuk yang hitungan Rp 0.5/detik sisa 2.880 detik = Rp 1.440

    Total telepon 1 jam Rp 18.000 + Rp 1.440 = Rp 19.440

  79. khalidmustafa mengatakan:

    Yang terakhir itu tidak benar…

    Sistem 0,5/detik hanya berlaku sesama Telkomsel. Jadi tidak tepat disandingkan dengan program XL dan IM3.

    Infonya sudah saya tulis di:

    https://khalidmustafa.wordpress.com/2008/04/02/analisa-tarif-baru-simpati-pede/

  80. adi mengatakan:

    kok tarifx tlp im3 kok tetap mahal itu juga sama dg dlu aja. tarif 0,000000000000000000000000000000000000000000000000001 masih tetap sama gdn dulu ba yakin ajo nol ya om klu tetep sama tlpnya?

  81. rizzson mengatakan:

    wallahhh,,,ga ngerti aku….pokoke hidup xl !!!!!
    pulsa 1975 pke nelp 1 jam masih sisa 1300an[lupa pastinya]
    gtw jg apa kesalahan operator,,,tapi ak sering kaya gtu dapetnya,,heheheh
    sering2 aj yeee,,,
    tQ

  82. barang langka mengatakan:

    aahh segitu aja ??? harree gene gak punya handphone? pilih yang warna bro, hebat. ato pilih yang murah aja, hemat. harganya itu lho yang bikin aku kesengsem. paling nolnya aja yang dibanyakin, kalo ada yang lebih murah gue kawin lagi ma kambing. bilangnya nol, syaratnya pooolll..

    Neh, sebenernya tarif telpon yang paling murah tuh FREN. Ga percaya? coba deh, “Eh fren fren pinjem handphonenya dong, batere gw ngedrop neh”. hehehe… Mau?

  83. ryuga mengatakan:

    percima dikasih harga murah kalau gak bisa buat nlepon…………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! dan selalu jaringan sibuk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! terus …… terusan.

    apa jaringannya lagi kencan za………………………… kok selalu sibuk kayak orang lagi selingkuh aja di tlephon selalu sibuk…………………………………………………………………………………………………………………………..!!

  84. rimaniss mengatakan:

    agak2 gak nyambung nih, cuma mau curhat dikit:
    CURHATAN NELP SESAMA OPERATOR:
    saya udah nyoba XL, bener sih 600, sampai sejam lebiiiiiiihhh…
    tapi akhir-akhir ini ada masalah, kalo malem sekitar jam 9 ke atas, connectnya sussaaaaahhh banget, fail terus. bukan cuma ke sesama operator, ke operator lain juga gak bisa… tulisannya “no connection” bunyinya kaya sibuk, nut-nut-nut… kenapa ya? apa xl sengaja gitu?
    saya harus nyoba sekitar belasan kali baru bisa nyambung.

  85. wawan mengatakan:

    saya kucewa buangetz sama IM3,katanya nelpun murah tapi ko muahal buangetzzzz
    moso pulsa tinggal 4000 cuma 20 menit.iya dulu pulsa segitu busa nelpun 1.5 jam (walopun keputus-putus tiap setengah jam)gemana neeh M3…………………!!!!!!!!!!!!!!??????????????????????????????

  86. WAN mengatakan:

    udah mahal sedekahnye ame singapur lagi???

    “kita” untung bangsa buntung!!!!

  87. candra mengatakan:

    itu dia yang namanya akal-akalan operator, saya juga pake im3, sebelum dan semasa penggunaan nol panjang ini tetap saja tarifnya sebegitu, nggak siang, nggak malam nggak pagi nggak sore…..

  88. nita mengatakan:

    kenapa Im3 thu Setiap 20 menit Selalu Mati????
    Im3 VS XL,,, ga’ Bakal ada mAtinye thu B’ dua…..
    saya jg lom merasakn tarif yg 0,00000000001????????????
    boong ye…..

  89. nita mengatakan:

    Im3 bisa nlp Sepuasnya Hanya dikenakan tarif Rp 240 dari jam 7 – 11
    tapi yg saya pertanyakan, knp setiap 7 menit itu selalu mati???
    berarti itu kan tidak puas nama’y????
    Ya Toh??//???? bLs ye..

  90. manda mengatakan:

    cba z low im3 bisa d bwa ke luar kota khan enak tuh mas…………………

  91. khanan mengatakan:

    knapa si jaringannya sibuk trus pa sering rapat ya! dan juga setiap lima menit mati

  92. rahmad mengatakan:

    g’ puuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaaas percumaaa! lebih baik balik kayak duulu matinya setiap 30 menit cuma 1350 dari pada tipu g’ kan barokah

  93. rahmad mengatakan:

    gimana sih? im3 kok 0,00000000000000000000001 bo’ongan percuma klo stiap 5 menit mati n jga jaringannya sibuk terus

  94. Ibnu mengatakan:

    IM3 jam nelpon paling murah jam 11malem s/d jam 11 Siang sesama indosat. Kadang2 mati setiap sepuluh menit hehehe…. jadi deh tarifnya mulai kena awal lagi!!!!!! tarif yg 0.000…1nya lenyap!!!!! itulah pintarnya OPERATOR. kan gak ada warning: “AWAS SERING MATI!”

    Im3 mengincar segmen pelajar dan mahasiswa booossss.

  95. Wahjudiono mengatakan:

    Buat semua pengguna Seluler Indonesia : Berpikirlah yang bijak jangan mudah tergiur dengan iklan yang memberikan tarif murah ” TAPI “…….

    Sebagai pedoman utama adalah Kolega atau Relasi mana yang paling sering anda hubungi dan gunakan kartu atau operator seluler yang sama dengan mereka yang bisa memberikan tarif murah. Atau cari operator yang mempunyai tarif termurah untuk lintas operator, apapun operatornya tarif murah itu yang kau mau. Itu saran saya buat anda.

  96. shunichirou mengatakan:

    wahaha, iya neh, perang tarif sih perang, tp pada ga jujur sama konsumen…

  97. WIRA mengatakan:

    namanya iklan emang gitu kaleee..!!!
    sadar aja…, kalau kamu jadi marketting, pasti kita akan menggungulkan produk kita setinggi2nya..!! gak tau iotu bener apa nggak..!!!
    yang jelas semua ada kekurangan dan kelebihannya. jadi aku pake 3 kartu gsm yang berbeda…!!! he he he he..!!!

  98. iqbal mengatakan:

    serba salah.
    perusahaan seluler pengen untung
    konsumen pengen murah.

    solusinya, perusahaan jujur aja kalo udah di sukai pasti ga ke lain hati
    kalo konsumen, nelpon yang penting2 aja dech, kalo mo ngobrol banyak pake surat aja kali yee..🙂

  99. Aat mengatakan:

    Yup… mana ada perusahaan yg mau rugi….. katanya murah… kok sampai di sorong.. muahalnya minta ampun…. pulsa 10rb cm nyampe 3menit… apa karena disini daerah mahal yah…? ampun dech…

  100. helmy mengatakan:

    YA TUH SAYA JUGA BELUM BERGEMING UNTUK PIDAH K IM3 HE HE HE…….

  101. JAY mengatakan:

    Nomer EX-IM3ku 08562850047, btw anyway busway, udah kupake 10-tahunan (bahkan lebih) kubeli diwaktu SMA pas IM3 baru muncul di jogja, masa aktifnya pun masih sampai december 2008, akhirnya kuputuskan untuk pindah ke lain hati, ke TEL***SEL (ga ngaruh ya tanda bintang-nya🙂 . alasanku pindah… ya gara-gara penipuan sejenis yang dilakukan IM3 (jelas dongkol setengah mati/setengah hidup). ya banyak temen yang menyayangkan kok ganti nomer dan blah blah blah.. tapi namanya juga dah dongkol… KU TAK SUDI’, KU JIJIK, KU JIJAY, KU NAJIS menyentuh produk produk indosat yang IM3-lah, yang STARONE lah (kasus serupa namun beda bentuk(promo ngorbit yang tak bertanggung jawab)…. semoga INDOSAT lebih jujur dalam berpromo, lebih sering ngasih gratisan (bener-bener gratisan lho).. semoga didengar petinggi INDOSAT (lebay)

  102. riva fauziah mengatakan:

    intinya bulllshit

  103. kathrine_yellow di FS mengatakan:

    hm…jd pngen curhat soal tarif operator jg neh…
    haehiaeuhiauhe

    klo aku HAMPIR pny semua jenis operator…hehehe
    tmn2 bilang aku tukang pulsa..
    padahal sm skali ngga tuh…hahahahha

    operator mang tukang boong smua..
    makanya aku pnya HAMPIR smua jnis operator

    hp ku jg jd mendadak bnyk..hahahah
    krn komunitas ku jg seh…

    klo di gereja, bnyk yg pke im3 & esia…jd aku lebih bnyk pke 2 operator itu
    dan inet di hape pke im3 murah, bikin YAHOO messenger aku OL 24 jam..hhahaha
    ms 3hr cm Rp.1000 padahal makenya siang2. SEKARANG, klo sms pke im3 jg dah murah..sekalipun hrs sms 10x dulu..br bs murah…hahaha..biasanya aku sms sm tmn2 gereja ku..PUAAASSS…smpe jari kriting tuh..hahahahah

    klo di kampus, lbh bnyk pke esia doank…jd..aku ya tetep ber-esia ria..

    di kantor..kebanyakan pke telkomsel.. jd aku jg bawa simpati ke kantor…kartu AS ada di “kotak SIM CARD” buat standBY klo simpati mendadak ke abisan pulsa

    klo mentari, axis & 3 aku pke di rumah buat standBy aja…(buat internet biasanya) apa lg axis lg gratis inet-nya(sayangnya axis cm bentar gratisnya)

    klo XL jempol dan bebas…hm…jarang tmn ku pke nomor ini..bisa di itung jari deh..jd..2 nomor ini jarang di pake, kcuali “darurat” atau..kebetulan pngen ngbrol/sms bnyk ke tmn yg pke Xl jg.INTE PKE XL MUAHAAALLLL (mending ga pke deh!!!)

    dulu…nyokap pke FREN, krn klo tlp ke luar negri murah bgt… tlp ke Aussie hampir 45 menit, cm 25rb…skrng dia dah ganti esia…krn komunitasnya esia smua(termasuk org seisi rmh), tp, klo tlp ke luar negri pke esia MUAHAALLL….hahahhaha…lg pula dia ga terlalu pke bnyk tuh pulsa..

    ade ku setia sm esia n simpati…krn komunitas dia pke telkomsel…kadang dia nebeng jg pke im3 ku..buat chatting..

    klo bokap…simpati ONLY!!! dia ga mo pusing2 soal tarif operator. ga mo sibuk pke bnyk haPe…

    dan untuk sementara…aku blm pke smart dah hepi or ceria…..jd…..no comment buat jenis yg itu…haieuhaieuhiahe…..

    klo FLEXI..ga niat pke..krn..dan kecewa berat dan benci bgt sm produknya TELKOM.. ; TELKOM tlp rmh + TELKOM speedy.. kaga ada yg bener!!!

    buat star one..aku ga pke, krn komunitasku ga ada yg pke itu..hahaha
    apa lg yah yg blm ku sebut??

    hm..pokoknya..klo ga kesebut, brati aku nda pke…krn ga ada komunitasnya yg pke…hahhaha

    KESIMPULANNYA:
    aku pke esia + im3 + simpati yg dah pasti 24 jam ONLINE
    krn, 3 nomor itu sudah pasti ku bawa kemana2…dan krn komunitas ku..
    klo nomor yg lain kadang2 aja idup…hahahhaha..tergantung kebutuhan, br di idupin..
    haieuhaieuhiauehiauhe

  104. NUGI mengatakan:

    AH BOONG TU KLO M3 TLP O,1……SMA SMS 0.1 SEHARUSNTA KASIH TAU PERSARATANNYA…….KIRA GWA TANPA SYARAT.
    ]KECEWA GWA….

  105. RATNA mengatakan:

    saya bingung nih dengan M3..katanya nelp cuma 0,000000001 ternyata bohongan..percuma aja kalo promo murah2 tapi buktinya bohongan..apa lagi saya dapet sms dari indosat tiap minggu 2X.sekali dapet pulsa berkurang 1100..duh tekor deh aku..di unreg berpuluh2 kali masih percuma..sialan indosat..tiap promo bohongan terus..maennya yg jujur aja donk..uda nelpon susah

  106. adit mengatakan:

    IM3 CUMIII!!! (CUMA MINIPU BAH)
    KUCIWA AWAK
    KUTAMPAR KAU!!

  107. […] memang, disaat tarif kian murmer, layanan kian mahal. Haruskah pindah ke lain hati ? (Lah emang operator lain sekarang gak mengalami […]

  108. Manganik mengatakan:

    NGAPUSE KABEH.

  109. salam mengatakan:

    kenapa sih m3 bohong sama pelanggan??????

  110. agitagat mengatakan:

    harusnya ada badan yang mengatur badan iklan di negara ini agar pembodohan tidak berlanjut,alias yang ngatur selama ini “ga beres”.
    harusnya iklan dengan hitungan ngejelimet itu tidak boleh disiarkan secara umum, alias terbatas. atau produknya tidak boleh umum, kita semua tahu bahwa sekarang hp itu semua lapisan masyarakat punya (dari profesor, pns, tukang becak, bibi cuci,dll). bahasa “plastis” boleh digunakan tapi tidak untuk MEMBODOHI, sebab marusyarakat kita ini masih susah maklum sama itungan. pemerintah punya pilihan 2: (1)larang iklan yang kira-kira digunakan untuk membodohi masyarakat, atau (2)biasakan masyarakat “ngitung ngejelimet” alias pinterin. tapi kalo yang kedua pasti pemerintah ga brani, soalnya pasti banyak yang mikir dan ketahuan deh borok-boroknya.wkwkwk!
    ayo lindungi konsumen indonesia!
    (jadi konsumen di indonesia = udah ditipu harga, bayar pajak yang ga ketauan juntrungannya, kualitas ga sesuai janji, dan terpaksa “nrimo”– asyu!)
    ayo ubah kedaan ini!
    * pemerintah disini yah bukan sby dan jajarannya saja melainkan seluruh pihak yang berkepentingan, karena komentar ini bukan untuk kepentingan politis.

  111. nana mengatakan:

    pengumuman im3
    Astaghfirullah!
    biar aku dosa! Im3 murah itu = anjing, kontol, babi, memek, kambing bau, najis, jahanam, taik.taik. semoga semua uang hasil penipuan itu masuk ke perut tiap anak pegawai, bos, dan kolega bisnis indosat (IM3) dan jadi bekal daging haram biar tidak barokah, celaka, dan dipakai untuk nyewa gigolo/lonte pasangannya.biar ancuuuuuur rumah tangganya.
    ya tuhan aku dizalimi, sekarang aku zalim

    IM3=indosat=penipu, bohong, promosi setan, anjink.anjink.anjink.anjink.

    (pengumuman penting pulsa, indosat, telkom, speedy, laptop, xl, porno, chatting, mail, facebook, forum, komentar, protes, berita, brita, news, bos, cara, arti, lowongan, pekerjaan, uang, duit, surga, malaikat, hati-hati, tanda, seni, barang baru, seputar, peta, tags, tag, browsing, software, softwear, perbaikan, murah, kualitas,kwalitas)

  112. akgos mengatakan:

    yang paling penting untuk generasi saat ini yaitu INTERNET. sambungan di negara kita sangat menyedihkan. bahkan udah pake broadband mahal2 masih lemot banget. malah lebih cepat yang gratisan pake proximitron. indosat kayaknya ga adil.

  113. ricky mengatakan:

    Sama dengan Bullshit!!!!

  114. didi mengatakan:

    oh ya siapa yang mau beli flash gue 50000an ja kok tapi da kelindas buldozer

  115. kememmorrison mengatakan:

    semua itu bohong…dasar promosi…apalagi sekarang tarif internet im3 naik jd 3/kb untuk jam 12.00-24.00…wahh pada kabur dehh pelanggan im3…

  116. ahmad husaeni mengatakan:

    gw pgin tw ni sbnrnya mentri&IM3 murah mana???
    baik dlhat dri trif nlevon & smsnya.

    gw msh blum pham.
    cypa ja yg punya brta ksh tau gw ya??

  117. doni mengatakan:

    im3 koq skrg g adil ama pemakai lama,,apa cuma dlm masa promo aja ngasih murah. sbb utk aktvasi baru tarif nlp/sms nya ckup mggiurkan. tapi yg lama trasa agak mahalan. sdgkan IM3 harusnya murah gitu loh………

  118. irwan mengatakan:

    im3 emag urah.untuk sms_y ja pi lw nlpon bkin kere, cz mati2 mlulu pa lgi lw mlm. mau nelpn ja sush bangt , murh lw susah buat pa. perbaki dong kualtas jaringan indosat,..!

  119. Jabon mengatakan:

    memang sangat murah ya a… aku suka menggunakan im3 he he he

  120. nina mengatakan:

    hai para peluncur program2 mohon kejujuranya.. jgn bhong melulu.. ntar semua massa marah bru tau.. krn sdh byk merugikan masyarakat tau…

  121. […] juga membandingkan tarif IM3 0,01/detik dengan tarif IM3 0,00000000001/detik. Kesimpulannya ternyata sama saja dengan program tarif 0,01/detik. Lalu, ia juga membandingkan […]

  122. sharthonk mengatakan:

    mendingan pake walkqtalkq aja biar murah hehehhe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: