Perbandingan Tarif XL (0,1 / detik) dan Tarif IM3 (0,01 / detik)

IM3

Pagi ini selagi memoderasi beberapa milis yang saya miliki, saya tergelitik dengan beberapa tulisan yang memaparkan tentang program “telepon murah” dari IM3.

Walaupun saya bukan pengguna IM3, namun setelah mempunyai pengalaman dengan XL yang mendengungkan tentang “tarif 0,1 rupiah per-detik” ke operator lain, pagi ini saya mencoba untuk membandingkan antara keduanya.

Sebagai acuan awal, saya menggunakan website resmi dari IM3 dan langsung menuju ke halaman promosi yang dapat dilihat disini.

Untuk informasi, saya hanya melihat tarif ke lain operator, dan bukan ke sesama operator.

Setelah melihat skema yang ada, rupanya skema tersebut sangat mirip dengan skema dari XL, dimana pemberlakukan tarif 0,01 itu dilakukan setelah penggunaan pada menit tertentu. Dalam hal ini oleh IM3 adalah 90 menit.

IM3

Mari kita bandingkan dengan XL (saya mengambil XL untuk wilayah Jabodetabek)

XL

Dan sekarang mari kita hitung dengan beberapa skenario:

  1. Pemakaian 90 detik.Saya menggunakan skenario 90 detik untuk skenario pertama, karena ini adalah satuan waktu terkecil yang dicakup oleh keduanya. Disini terlihat bahwa biaya untuk 90 detik pertama adalah sama untuk IM3 dan XL, yaitu Rp. 25 per-detik atau sebesar Rp. 2.250,-
  2. Pemakaian 120 detik (2 menit).Untuk pemakaian 120 detik, maka untuk XL tetap pada tarif awal yaitu Rp 25/detik, sehingga pelanggan membayar sebesar Rp. 3.000,-
    Sedangkan untuk IM3, pelanggan membayar (90 x 25) + (30 x 0,01) = Rp. 2.250,3 atau rata-rata sebesar Rp. 18,75 per-detik.
    Disini terlihat XL lebih mahal dibandingkan dengan IM3.
  3. Pemakaian 180 detik (3 menit).Untuk XL, biaya yang harus dikeluarkan adalah (120 x 25) + (60 x 0,1) = Rp. 3.006,- atau dengan rata-rata biaya sebesar Rp. 16,7 per-detik
    Sedangkan bagi IM3, skenario ini adalah yang termurah, dimana biaya yang harus dikeluarkan pelanggan adalah (90 x 25) + (90 x 0,01) = Rp. 2.250,9 atau dengan rata-rata Rp. 12,5 per-detik
    Disini terlihat bahwa XL lebih mahal dibandingkan dengan IM3.
  4. Pemakaian 240 detik (4 menit).Ini adalah skenario termurah untuk XL, dimana biaya yang harus dikeluarkan pelanggan adalah (120 x 25) + (120 x 0,1) = Rp. 3.012,- atau dengan rata-rata biaya sebesar Rp. 12,55 per-detik
    Sedangkan untuk IM3 adalah (90 x 25) + (90 x 0,01) + (60 x 25) = Rp. 3.750,9 atau dengan rata-rata biaya sebesar Rp. 15,625 per-detik
    Disini terlihat bahwa XL lebih murah dibandingkan dengan IM3
  5. Pemakaian 270 detik (4 Menit 30 Detik).Biaya yang dikeluarkan oleh pengguna XL adalah (120 x 25) + (120 x 0,01) + (30 x 25) = Rp. 3.762,- atau dengan rata-rata Rp. 13,93 per-detik
    Skenario ini adalah skenario termahal untuk IM3, yaitu dengan perhitungan (90 x 25) + (90 x 0.01) + (90 x 25) = Rp. 4.500,9 atau dengan rata-rata Rp. 16,67 per-detik.
    Disini terlihat XL lebih murah dibandingkan dengan IM3.
  6. Pemakaian 360 detik (6 menit).Skenario ini adalah yang termahal untuk XL, dimana pelanggan membayar (120 x 25) + (120 x 0,01) + (120 x 25) = Rp. 6.012,- atau dengan rata-rata Rp. 16,7 per-detik.
    Untuk pelanggan IM3 membayar (90 x 25) + (90 x 0,01) + (90 x 25) + (90 x 0,01) = Rp. 4.501,8 atau dengan rata-rata Rp. 12,5 per-detik
    Disini terlihat bahwa XL lebih mahal dibandingkan dengan IM3

Nah, apa kesimpulan dari perbandingan di atas ?

Secara umum, perbedaan tarif yang digembar-gemborkan antara 0,1 dan 0,01 antara kedua operator tidak terlalu signifikan dalam menekan biaya percakapan. Karena semuanya masih berpedoman “berlaku hanya pada menit tertentu”

Namun saya cukup salut dengan IM3, karena pada promosinya dengan cukup jelas mencantumkan “berlaku setelah 90 detik”, tidak seperti XL yang malah mengarahkan pembaca pada websitenya.

Masih mau percaya dengan promosi ? :D

About these ads

122 Balasan ke Perbandingan Tarif XL (0,1 / detik) dan Tarif IM3 (0,01 / detik)

  1. Reps Kotamobagu mengatakan:

    Semua adalah pilihan, termasuk skema tarif.
    Untuk pelanggan cerdas seperti Anda, tentunya akan mempunyai pertimbangan yang rasional dan mendasar.

    IM3 coba menawarkan solusi dengan pemberian skema tarif tersebut sekaligus substitusi bagi pelanggan lama yang telah setia menggunakan IM3 yang selama ini memposisikan diri sebagai Rajanya SMS.

    Jadi semuanya berpulang kepada netter untuk memilih atau tidak memilih, setidaknya kita dituntut untuk dewasa, positif dan bijak memberi penilaian.

    Insya Allah semua akan indah jika kita sikapi dengan bijak.
    Wassalam :)

  2. khalidmustafa mengatakan:

    Setuju banget, tapi setiap keputusan yang diambil harus berdasarkan data dan fakta yang rasional. Dan data dan fakta yang rasional ini yang “sayangnya” banyak disamarkan (bukan ditutupi lho, karena kalau ditutupi namanya penipuan) oleh promosi kita dimana-mana.

    Proses pencerdasan anak bangsa harus terus dilakukan dengan menyeimbangkan antara data dan fakta tersebut, sehingga mereka akhirnya bisa “bijak” memilih.

    Alangkah indahnya apabila seluruh operator selular kita ikut serta dalam proses tersebut ;)

  3. kusdiyono mengatakan:

    Salut buat Pak Khalid yang jeli dan menyajikan informasi yang sangat bermanfaat. Untuk Mentari dan Simpati gimana Pak ?? Salam kenal dari saya…

  4. khalidmustafa mengatakan:

    Salam kenal juga pak :)

    Untuk simpati dan mentari belum masuk list saya sih pak…mungkin nunggu mereka jor-joran juga pasang 0, sekian-sekian per-detik baru akan saya ulas.

    Mules juga liat kelakuan operator kita seperti ini :(

  5. dedy mengatakan:

    Bagaimana dengan Simpati Pede ? yang katanya rp. 0,5 /detik ?

    Kalau menurut saya sama juga bohong semua operator itu… walaupun mereka memaparkan teori semacam itu tetap saja ujung-ujungnya biaya akhir yang membengkak.
    Apakah bisa para operator itu dituntut karena diangggap pembohongan “publik”?

    maaf…

  6. Reps Kotamobagu mengatakan:

    Setuju, sebab faktanya walau telah teredukasi lebih dari 10 tahun, kebanyakan konsumen di Indonesia lebih mengedepankan emosional daripada rasional. Hal ini yang menjadi ‘PR’ kita bersama untuk lebih meningkatkan budaya baca/tulis seperti budaya tutur.

    Dan menjadi kewajiban moril kami, marketer, untuk coba memberikan informasi yang cukup dan berimbang. Dengan segala tantangan seperti disebutkan diatas.

    Karenanya spontan kami buat blog tersebut,sebagai media informasi sekaligus promosi yang benar dan bertanggung jawab. Walau, jujur kami katakan, ini semua diluar tugas bahkan nyerempet-nyerempet bahaya, mengingat kami bekerja di perusahaan publik.

    Resiko tersebut, masih, berani kami ambil sebatas semua terkontrol. Bahkan tiga hari lalu kami berniat untuk membekukan bahkan menghapus bog tersebut, karena khawatir akan resiko tadi. Sebab blog tersebut telah menjadi sumber berita di studiohp[dot]com, kantorberita[dot]com, serta beberapa blog pribadi. Baik link maupun kutipan langsung. Bahkan tanpa sepengetahuan kami.

    Kadang disandingkan dengan release resmi (corporate) dari kompetitor kami.Dapat dibayangkan resikonya jika managemen/masyarakat salah interpretasi :(

    Selamat bekerja semoga mendapat ridhoNYA.
    Amin :)

  7. sunarto mengatakan:

    Wah orang sesibuk mas khalid masih sempat ngitung kayak gini :)

  8. dadang mengatakan:

    yang enak dan murah adalah gunakan hp seperlunya saja…

  9. khalidmustafa mengatakan:

    @dedy, sulit kalau dikatakan pembohongan publik, karena biasanya konsumen terjerat dengan istilah “syarat dan ketentuan berlaku”

    @Reps Kotamobagu, aminn, cuman btw, komen saya lom diapprove tuh, apa dianggap “tidak sesuai kebijakan perusahaan ?” :)

    @sunarto, hehehe, iseng aja sih…kebetulan aja ada waktu pada pagi ini. Itung2 nambah amal :)

    @dadang, itu adalah hukum yang berlaku keseluruhan :)

  10. dobelden mengatakan:

    ah sayah tetep menyayangkan kenapa im3 bukan mentari :-s

  11. Mardies mengatakan:

    Wah, sampai segitunya punya waktu buat ngitung :)

    Soal begituan (harga murah per detik) saya nggak tertarik. Saya bukan orang penting. Jadi komunikasi nggak intens banget. Simpati Pede saja sudah cukup. Kebanyakan malah pake SMS

  12. ariebp mengatakan:

    Yang jelas im3 lebih jujur dalam iklannya.

  13. hargaponsel mengatakan:

    Salam kenal pak,

  14. Ade hidyat mengatakan:

    Para Operator seluler Indonesia tahu persis bahwa sebagian masyarakat pengguna selular masih bodoh dan mau aja dibodoh-bodohi dengan iklan tarif murah. Ditambah dengan aturan pemerintah yang nggak jelas tentang IKLAN MENYESATKAN ini. seharusnya IKLAN ditayangkan secara lengkap.

    Kebanyakan operator meyuruh calon mangsanya untuk menengok WEB mereka untuk mengetahui ketentuannya. padahal berapa persen pengguna internet di negara ini.

    Mudah-mudahan badan regulasi Iklan dan BRTI membenahi operator yang kerjaannya mencari celah kelemahan hukum periklanan kita.

  15. kendhor mengatakan:

    Pak, mestinya “syarat dan ketentuan berlaku” itu tidak boleh dipakai utk beriklan. Iklan harus jelas, tidak boleh ada yang disembunyikan, shg konsumen bisa terjebak. Masalah “syarat dan ketentuan berlaku” ini harus segera dipertegas, agar konsumen lebih bisa terlindungi.

    “Beli rumah dapat hadiah langsung, Honda Jazz” …. “syarat dan ketentuan berlaku”. Begitu publik berbondong-bondong datang ke ujung gunung lokasi pemasaran property tsb, eeehhhh ternyata, syarat dan ketentuannya adalah beli 100 unit rumah dengan cara pembayaran cash … kekekekekekekekek

  16. sibermedik mengatakan:

    saya pguna m3 setidaknya bsa brnafas lega,coz banyak dosen2 saya pakai telkomsel sehingga dulu saya mesti kehabisan pulsa tiap menit ke3 (m3-lain 2-3rb)..

  17. chatoer mengatakan:

    Namanya juga perusahaan pak, pasti mereka sudah memiliki formula sebelum mengeluarkan suatu promo, ya ujung – ujungnya harus profitable dan menarik new customer dan menjaga existing customer biar gak pindah ke lain hati
    jadi sah sah aja, cuma cara penyampaiannya ke customer aja yg berbeda-beda

    Makasih pak udah mau mampir ke blog saya
    salam

  18. gRy mengatakan:

    hebat’
    memang ilmu promosi tidak semuanya bagus yach
    secara sekilas memang menggiurkan,
    tapi pas dilirik lagi…lho,,lho,,lho???
    kebetulan kemarin habis angus niy kartu GSM saya,,kira2x mo ganti ke apa yach?
    IM3….
    XL….
    IM3…
    XL….
    duh pusing @#$%^&*()

  19. echo99 mengatakan:

    nice posting
    salam kenal
    ekoyulianto

  20. Aak Udin mengatakan:

    gue mah pilih mentari….. IM3 juga ok, tapi itu yang pake adik gue… mertua sok elit… pake matrix mereka…. apapun itu pilihan pada ANDA. Pilih satu, jangan pindah. kalo pindah, pas angus atau ilang…. gitu aja lah….

  21. lmjaelani mengatakan:

    yang unik skemanya, kok sama ya dengan XL? IM3 niru kali sama XL:-)

  22. purmana mengatakan:

    GSM mahal berlagak sok murah….. :mrgreen: :mrgreen:

    Ah saya sih pake Halo aja dari dulu. Mau dibilang boros ato sok elit gpp… toh pemakaiannya juga rata2 cuma 30 ribu per bulannya.

    Lagian kalo ganti kartu kan kasian nanti fans2 saya yg biasa nelpon2 :D :D

  23. [...] lagi blogwalking ria eh nemu berita yang ini, lumayan jadi senang [...]

  24. den Koplak mengatakan:

    akal-akalannya operator aja :) bahasa kerennya startegi iklan.

  25. kakanda mengatakan:

    Seharusnya ada lembaga yang terus menerus menginformasikan kepada konsumen,
    supaya operator atau semua produsen “tidak seenaknya mengakali” konsumen
    (Buat blog khusus deh pak Khalid untuk memulai :) )

  26. tan mengatakan:

    pada berani gak yah, nerapin tarip segitu tapi pake skenario simpati pede…

  27. Johan mengatakan:

    Harusnya ada yang bikin terobosan baru. Di Singapur, ada paket 1 bulan bisa telpon ke 3 nomor gratis + gratis 1000 sms. Biaya telpon juga ga beda jauh lah. Kalo Indonesia ada yang kayak gitu, baru hebat.

  28. willmen46 mengatakan:

    murah mahal nya tergantung kita…
    mau murah y ngk usah sms ato telpon ntr pulsa na utuh :P
    maklum regulasi penurunan dari pemerintah membuat para operator menurunkan tarif
    tapi im3..sms banget..hikz aq pake im3 sech :P

  29. Hasan Seru mengatakan:

    lebih mahal mana nih jadinya? aku tetep pake IM3, sms bangetz

  30. Prabu Siliwangi mengatakan:

    Operator GSM indonesia emang penuh akal2an dan gak tulus mau menurunkan tarif. Sama aja boong, mending pake free mobile voip seperti Fring, Yeigo atau Symmy, telpon ke sesama pengguna di seluruh dunia gratis tis tis, cm kena biaya akses internetnya doang…
    Pake data plan explor atau matrix murah bngt cm kena 25 -50 perak per menit ke seluruh dunia bahkan ke Kutub Utara sekalipun. Rata2 penggunaan data per menit kurang lebih 100 sd 250 kb.
    Klu pake Im3 yg tarifnya Rp. 1 per kb sih msh murah, kena 100 – 250 perak per menit, tp klu pake simpati, as, xl, halo yg tarifnya Rp. 10-12 per kb sih lumayan bikin puyeng kepala tuh :)
    lam kenal semuanya..
    Nice blog bro

  31. Gyl mengatakan:

    Saya tetap setia simpati :D

    Tapi sama temen disuruh beli IM3 :?

  32. karunia1two mengatakan:

    Kayaknya,cara yang paling hemat bertelekomunikasi cuma pake telepati ketimbang telepon…Sayang belum ada operatornya!.*@?’)#

  33. aRuL mengatakan:

    Bijak aja boz :)

  34. khalidmustafa mengatakan:

    @Mardies, kebetulan aja ada waktu nih…dan lagi kumat “isengnya” :)

    @ariebp, bener..saya setuju bahwa kali ini IM3 lebih jujur, minimal menuliskan “berlaku setelah 90 detik.” Mungkin belajar dari “kesalahan” XL

    @hargaponsel, salam kenal juga :D

    @Ade Hidayat, setuju…makanya dibutuhkan tulisan-tulisan “pencerahan” dan informasi terbaru kepada masyarakat secara terus menerus.

    @kendhor, sayangnya aturan utk itu secara umum sering dipergunakan sebagai alasan :(

    @chaoter, sama-sama…makasih juga sudah mampir :D

    @gRy, coba liat teman yang ditelepon banyak menggunakan apa…karena biasanya yang termurah itu adalah sesama operator…

    @echo99, salam kenal juga pak…

    @Aak Udin, setuju sih…prinsipnya, jangan cepat kemakan iklan :)

    @kakanda, hehehe makasih sarannya…cuman kalau ada yg mau meneruskan tulisan ini ke YLKI sih monggo…utk lembaga khusus nanti dipikirkan ;)

    @aRul, sip…tapi bijak itu salah satunya adalah mampu “memilih secara cerdas” :D

  35. nieth mengatakan:

    good info Pak Khalid…

    yeah,, kembali aja ke pinter2nya Qta dalam menyikapi smua,, tarif murah telpon ke laen operator emang lage digembar-gemborkan geto de……

    ^_^

  36. titov mengatakan:

    yang jelas, XL & IM3 cuma cucok buwat nelpong ke sesama aja, biyasa sih saya beli sekali pake aja. sesekali nyelingkuhi matrix & simpati yang udah jadi offisiyel simcard gw :D

  37. WoKay™ mania! mengatakan:

    IM3 SMS bangeetss sekarang murah bangeetss :)
    Jadi suka bangeetss!

  38. rwinciyin mengatakan:

    gw ma tetep xl…kan ad 100sms gratis perharinya…:p

  39. friendzofgod mengatakan:

    Yah saya baru ganti nomer, dari Im3 ke Mentari. :)

  40. grand mengatakan:

    DAN TERNYATA M3 SELALU CALL DROP PADA MENIT KE 30 saudara saudara
    hehehehe
    tapi luamyan 30 menit udah panas banget kalau telpon antar indosat
    cuma kena Rp. 1378

  41. Rozy mengatakan:

    Alhamdulillah…saya sudah 2 tahun pake IM3 dan nggak pernah ganti :D

  42. hmcahyo mengatakan:

    maaf kesasar… salam kenal ajah dari malang :)

  43. Shadix mengatakan:

    Waah.. Saya mah pake Halo aja deh.. hehehehehehe.. Gimana juragan? udah nikah belom(lho??)

  44. khalidmustafa mengatakan:

    @hmcahyo, salam kenal juga pak…

    @shadix, wah, masih eksis juga yah…nikahnya masih nunggu nih ;)

  45. Shadix mengatakan:

    Nunggu Naoon? Ato masih menikmati nikmatnya kawin? Hahahaha.. Gud Lak yak

  46. Arun mengatakan:

    Wah rumit juga yah hitungannya, dari pada rumit mendingan minta tolong aja ahhhh. Bisa gak di tarif XL tadi dibandingkan dengan tarif Simpati Pede yang katanya orang sih murah banget…per detik itu Rp 0,5 setelah pemakaian 1 menit (1 menit pertama Rp 1500).Apa benar begitu?tolong yaaaa…hehehe:)thanx B4

  47. khalidmustafa mengatakan:

    @Shadix, hehehe, u dah tau laahhh :p

    @Arun, nyari waktu dan mood yang pass dlu yah… ;)

  48. arthur maja kelana mengatakan:

    emang bener simpati pede lebih murah tuh…. 0,5/dtik dimulai 1mnit prtama..ga da balik lagi ke tarif awal…

  49. mnuh mengatakan:

    Semua operator yang sudah menurunkan tarifnya 0 komaan itu dan terlihat jelas dalam hitungan canggih bang khalid, sebenarnya bisa lebih turun lagi sampai 90% kalau semuanya dah nerapin teknologi telekomunikasi berbasis IP (Teknologi LTE) seperti yang dilansir di detikinet. http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/02/tgl/14/time/174051/idnews/894240/idkanal/328.
    Semoga…… ;)

  50. Henz Will mengatakan:

    Kalo mau jeli pada dasarnya Im3 menurunkan tarif setelah keputusan penurunan tarif interkoneksi nasional.

    Jadi sebenarnya lebih murah bangetss dan pede XL duluan yang nurunin sebelumnya apalagi kalo liat skema antar operatornya IM3 yg jelas menjiplak XL. (Kalo antar operator sih simpati pede banget ngabisin pulsa, mahal bangetss)

    Kalo memang XL seakan-akan rumit/tidak jelas dan mengesankan ditutup2i karena XL memberlakukan tarif yang berbeda2 tergantung area di mana XL sedang ingin meningkatkan jumlah pelanggan.

    Yang harus disadari adalah keterbatasan dari tarif promosi masing2 operator, yaitu masa berlaku tarif dan lainnya, contohnya dengan tarif antar operator yang berlaku di XL dan IM3 walaupun keduanya memberlakukan hitungan per detik pada dasarnya konsumen terkena pembulatan per 4 menit (mahal 2 menit, murah 2 menit). Dibandingkan dengan skema XL yang lama (lagi2 promo) dengan tarif antar operator 10/detik setelah 2 menit jelas lebih mahal.

    Yang paling penting bagi kita kapan berlaku tarif reguler yang murah, kalo cuma promo2 saja sebenarnya konsumen diombang-ambingkan dalam ke tidak pastian yang tidak berujung.

    Terlepas dari perang tarif saya salut dengan XL yang selalu terdepan dalam inovasi seperti tarif per detik, sms gratis, bahkan dulu pertama kali saya pakai lebih dari 5 tahun yg lalu saya kagum dengan kemampuan untuk cek pulsa dengan *123# sementara yg lain masih voice call

  51. Yuda mengatakan:

    Pake Three, SMS gratis ke sesama, Rp. 110 ke operator lain.
    ada pilihan 1/2 harga telp ke sesama Rp. 82 / menit dan ke lain operator Rp. 550 (lokal) dan Rp.1100 (interlokal). tapi three ada kekurangan, kadang suaranya kayak XL, ada gaung atau gema, jadi suara kita akan mantul (kej.sekitar 10%)

    Kalo suara paling natural juaranya IM3 runner up telkomsel.
    kalo paling murah Three.
    kalo XL the best call center.

  52. iooo00 mengatakan:

    Hr gene tlp ma sms??
    Jaman skrg org yg jeli dn pintar pzt pk GPRS,bkn tlp atw smsny..
    Klo mau tlp,via V0IP pk aplikasi FRING aja,klo sms chatting aja pk MXIT atw msh byk aplikasi lainny..
    Dn tarif trmurah GPRS dberikan oleh IM3 dgn Rp1/dtik klo mslh tarip sms atw tlp ny skrg murah tU HANYA B0NUS aja buatku
    Fs pgn_yg_gratis@yahoo.co.id
    Ciaouw aiueo

  53. wajib mengatakan:

    starone?

  54. Angie mengatakan:

    ass,pak Khalid saya mahasiswa D3 Teknisi Dapodik dari Magelang.
    salam kenal y… .
    untuk tulisannya, wah jadi menambah pengetahuan saya agar tidak mudah tertipu begitu aja dengan iklan tarif telepon murah GSM.
    tapi itu kan baru tarif telepon, trus tentang tarif SMS gimana?
    maklum, mahasiswa kan paling sering SMS daripada telepon :)
    makasih…. .

  55. isol mengatakan:

    asli, dari atas ampe bawah saya cermati 1 1 komen2nya. dari dulu banyak operator SIM C udah saya coba, terutama saat operator selalu mengeluarkan promo terbaru. 2x simpati, 2x m3, 1x as, 1x jempol, 2x mentari 2x xl (maklum masih jauh dimata dekat di telinga). oleh karena itu keputusan bijak memang sangat perlu. bagi saya si tetap dari awal pakai M3 ya tetap M3 + 1 CDMA. sampe 4x ganti SIM C dengan nomer yang sama, pelayanan open house operator indosat ramah juga. yang pasti ga perlu ganti kartu, saya selalu berharap semuanya toh pasti selalu ada yang termurah pada promonya nanti. TOP BGT itung-itungannya

  56. Frans mengatakan:

    Saya sangat tertarik dengan tulisan2 yang bermanfaat untuk umum, terima kasih kepada pemilik blog ini, salam kenal dari sampit

  57. [...] / detik) Tulisan ini saya buat berdasarkan beberapa komentar yang masuk pada tulisan tentang Perbandingan Tarif XL (0,1 / detik) dan Tarif IM3 (0,01 / detik), dimana pada tulisan tersebut beberapa rekan blogger meminta untuk turut membandingkan dengan [...]

  58. mk mengatakan:

    hehehehe.. saya kalah cepat dengan anda mas.. saya juga menulis di sini tentang hal di atas

  59. dK mengatakan:

    wah brarti m3 paling murah donk..itu kan hitungannya 0,01 setelah detik ke 90 sampe berjam-jam untuk kesesama operator hingga telpon ditutup :D (kalau tidak putus ditengah jalan :( )

  60. anton mengatakan:

    kalo mo yang murah mending pakai esia ajaaaa….kan murahhh tuhhh

  61. khalidmustafa mengatakan:

    @dK, saya belum menghitung tarif ke sesama operator…rencana nanti pada tulisan lainnya :)

    @anton, saya juga belum menghitung CDMA tuh…ini masih GSM

  62. Yulianto mengatakan:

    kalo saya sih biarin aja mereka terus kejar kejaran nampangin tarif murah. job advertisingnya jadi makin banyak…….banyak……….dan banyak (seneng tuh pengusaha advertising).mau murah atau mahal yang jelas kebutuhan kita akan komunikasi saat ini menjadi hal pokok,ngapain pake ngitung,mau ngitung juga kita tetep ngeluarin duit untuk komunikasi berapapun jum;lahnya

  63. Ardi mengatakan:

    Kalau saya pakai semua operator . . . :-)

    Biarkan saja mereka perang tarif !, yang untung kan pelanggan :-)

    Bukan apa 2, kadang2 harus telepon client/keluarga cukup lama, bisa 15 – 30 menit.
    So siapin aja flexi (bisa interlolal tarif 49/detik, pakai 01017), esia (bisa telpon interlokal tarif 50/menit pakai 01010), simpati pede 0,5/dtk, XL 0.1/dtk, im3 0,01 (ada rencana mau pake kalau perlu). Fren (cuma kapok, karena pernah telp sesama fren 20rb habis cuma 10 menit ! katanya sesama fren murah !)

    Sayang Mentari nggak kasih promosi sesama mentari yang murah yo . . . padahal ini nomor paling lama saya . . .

    Cuma nenteng nya ini yang susah . . .
    Belum ada yang bisa lima operator 1 tlp ya ???? :-)

  64. jackadmin mengatakan:

    kok seringnya tarif GSM dibandinginnya sama XL aja, apa karena XL jadi acuan operator2 lain?
    Waktu ada Telkomsel pPde, juga sering dibandingin dengan tarif XL

  65. khalidmustafa mengatakan:

    Karena ada 2 hal:

    1. Tulisan sy di blog ini dimulai dari XL, jadi agar mudah di”trace” ke tulisan-tulisan sebelumnya, sy tetap konsisten membandingkan ke XL

    2. Karena sy pakai XL :D

  66. lintang mengatakan:

    yup, im3 memang plg murah skrg, tp jgn salah, kl anda pemakai produk ini, anda pasti tau skrg kl indosat jadi AMAT SANGAT SERING NETWORK OVERLOAD, entah krn promo ini atau apa, tp skrg saya malah jd lebih sering jengkel kl nelp pk im3:(.

  67. Oppung mengatakan:

    metpagi Bozzzzzzz …

    sekedar berbagi … selasa sore 27 febr 2008 yl saya ingin bicara dgn meneer FN di ujung pandang. sebelum memanggil, saya cek pulsa XL saya, masih ada Rp 49 ribu lebih sedikit. meneer FN gunakan simpati/telkomsel.

    begitu selesai bicara. muncul sms dari XL cus. Service, bunyinya:
    Total durasi 00:08:31. Pemakaian pulsa Rp 6799. Sisa pulsa anda rp 42414.

    saya langsung cek pulsa, benar masih spt yg tertera di atas, Rp 42414.

    Lid, tolong dihitung harga per detiknya.

    tenqyu & salam.

    oppung

  68. khalidmustafa mengatakan:

    Siap pak :)

    Karena bapak menggunakan XL dan Meneer FN memakai operator lain, maka hitungannya adalah:

    {(2 x 60 x 25) + (2 x 60 x 0,1) + (2 x 60 x 25) + (2 x 60 x 0,1) + (31 x 25)} = 3000 + 12 + 3000 + 12 + 775 = Rp. 6.799,-

    Pass khan pak ;-)

    Kalau dihitung rata-rata, maka biaya per-detik adalah Rp. 13,5 per-detik

  69. ari mengatakan:

    Hi there..
    Thank you for your analysis..
    By the way XL right now has been counter IM3’s promo with new tarrif 0,00001 (Kompas, Sat 1 March’08)
    It would be obvious that XL want to claim themself as the most economical GSM provider…

  70. ari mengatakan:

    Oh ya…bukankah IM3 itu 0,01 hanya ke sesama IM3 doang?

    Thx

  71. ari mengatakan:

    tambah lagi ya…
    menurut saya dari semua, yang diuntungkan sebenarnya adalah konsumen….
    jadi jangan mau tetep pakai yang mahal..
    saya aja sudah membuktikan kalau XL jauh…lebih murah dari kartu HALO yang biasa saya pakai (dan memang tidak terkena penurunan talk time sama sekali!!!)

    sedangkan untuk CDMA saya pakai flexi dan ingin membandingkan dengan ESIA & FREN, mana yang lebih murah….

  72. khalidmustafa mengatakan:

    @ari, pagi ini saya mencoba searching di kompas, xl, dan detik tentang berita 0,000..1 itu tapilom dapat release resminya nih…jadi lom berani untuk menganalisis lebih jauh…sedangkan untuk IM3, 0,01 itu memang untuk lain operator tapi tetap berlaku setiap kelipatan 90 detik.

  73. kiko mengatakan:

    ada adik bungsu yang mesti diperhitungkan…
    yaitu three (3) …
    coba bapak/ibu/saudara bandingkan dengan yang satu ini :
    masukkan pilihan tarif 1/2 harga dan akan mendapatkan sebagai berikut :
    tarif sms sesama three : gratissss
    tarif bicara sesama three : 1 rupiah / menit = 60 rupiah 1 jam (kalah deh esia)
    tarif ke operator lain termasuk telepon rumah (jarak dekat) : 500 rupiah / menit
    tarif ke operator lain termasuk telepon rumah (jarak jauh) : 1000 rupiah / menit
    nb: semuanya dimulai detik pertama (tidak perlu nunggu 90 detik atau 2 menit)
    untuk orang yang cerdas dan mau telepon seperlunya aja, three merupakan piihan bijak. tapi kalo mau telepon berjam jam, terutama yang pacaran.. mendingan pakai smart aja deh.. gratis 24 jam hehehe…

    sebenarnya iklan yang 0,1 atau 0,01 atau 0,000000001 dst, agar dibaca :
    gratis setelah menit kesekian. mengapa? karena angka 0,1 dst tidak signifikan untuk dihitung. alias gratis.
    sebagai contoh misalnya im3: tarif 0,01 setelah detik ke-90 berarti im3 mensyaratkan biaya minimal sebesar : Rp. 25/detik x 90 detik = Rp. 2250 untuk waktu 1,5 menit. tarif detik ke 90-180 tidak signifikan untuk dihitung.. jadi singkatnya untuk 180 detik (3 menit) im3 memberi tarif Rp. 2250 dst sehingga kalo misalnya 1 jam = 60 menit, maka 60 menit dibagi 3 menit = 20 menit. 20 menit x 2250 = Rp. 45000,- jadi tarif im3 untuk 1 jam adalah Rp. 45000,-
    bandingkan tarif im3, 60 menit x Rp. 500 = Rp. 30000,-
    … dst.. dst…

    singkatnya bapak/ibu/saudara bisa buka sendiri di: http://www.three.co.id/
    MAU?

  74. ippen mengatakan:

    wow.. salut dgn konsumen kita satu ini..cukup kritis.. :)

  75. ippen mengatakan:

    untuk CDMA silahkan di bandingkan juga dengan STARONE punya INDOSAT :)

  76. ippen mengatakan:

    untuk CDMA saya rasa sekarang yg murah STARONE :P

  77. [...] sekarang kita coba bandingkan tarif ini dengan tarim promo IM3 sebelumnya yang sudah saya tulis disini dengan nilai promo 0,01 / detik (semua angka dibelakang koma saya hilangkan, karena tidak signifikan [...]

  78. danan mengatakan:

    bedanya kalo im3 tiap 30menit mati.SAMA JUGA BOHONG

  79. dickna mengatakan:

    1. XL bebas, kartu yang dikeluarkan oleh PT Excelcomindo Pratama, Tbk., ini menunjukkan keunggulan tarif murah perdetik dan hemat apabila durasi percakapan ke sesama XL di bawah 60 menit ( 1 jam ) dan sedangkan tarif ke operator lain pada menit ke berapapun terbukti sesuai janji ” TARIF TERMURAH

    2. Simpati PeDe, kartu yang dikeluarkan oleh Telkomsel ini menunjukkan keunggulan untuk tarif murah per detik dan hemat apabila percakapan dilakukan hanya ke sesama produk Telkomsel dengan durasi percakapan di atas 60 menit ( 1 jam ), sedangkan tarif ke operator lain paling tinggi diantara GSM lain

    3. Mentari, kartu yg dikeluarkan oleh Indosat, Tbk., ini menunjukkan keunggulan tarif hanya ke sesama produk Indosat pada 1 menit pertama saja, syukurnya gratis 1 menit pertama berlaku sebanyak 20 x sehari, tetapi tarif ke sesama ( Mentari ) adalah termahal di kelas GSM dihari SENIN , SELASA , RABU dan KAMIS

    4. 3 (three), dari PT Hutchison CP Telecommunication ini menunjukan keunggulan hanya ke sesama 3 dengan durasi percakapan pada 10 menit pertama saja dan SMS termurah ke all operator Rp 100.

    5. Adapun urutan/peringkat pengguna GSM terbesar di Indonesia berdasarkan survey yakni ;

    a.Telkomsel

    b.Indosat

    c.Excelcomindo

    d.Hutch

  80. dickna mengatakan:

    Tarif Ke 10 menit 20 menit 30menit 40 menit 60 menit 120 menit
    sesama operator

    bebas rp.1.548 rp 1.608 rp 1.668 rp 2.268 rp 3.465 rp7.065
    simpati PD Rp1,770 Rp 2,070 Rp 2,370 Rp 2,670 Rp 3,270 Rp5,070 Mentari Rp4,500 Rp 9,500 Rp14,500 Rp 19,500 Rp 29,500 Rp59,500 3 Hutch Rp 1,500 Rp 3,000 Rp 4,500 Rp 6,000 Rp 9,000 Rp18,000
    ==========================================================

    Tarif Ke 10 menit 60 menit 120 menit
    operator lain

    bebas 0,1 Rp 9,024 Rp 45,180 Rp 90,360
    Simpati PD 1/2 Rp 36,000 Rp 216,000 Rp 432,000
    Mentari Rp 32,000 Rp 192,000 Rp 384,000
    3 Hutch Rp 20,000 Rp 120,000 Rp 240,000

    Silakan diitung-itung lagi …. !!! All operator GSM (Itungan mulai dari per 10 menit selama masa program)

    PATUT DIPERHATIKAN :

    1. XL bebas, kartu yang dikeluarkan oleh PT Excelcomindo Pratama, Tbk., ini menunjukkan keunggulan tarif murah perdetik dan hemat apabila durasi percakapan ke sesama XL di bawah 60 menit ( 1 jam ) dan sedangkan tarif ke operator lain pada menit ke berapapun terbukti sesuai janji ” TARIF TERMURAH

    2. Simpati PeDe, kartu yang dikeluarkan oleh Telkomsel ini menunjukkan keunggulan untuk tarif murah per detik dan hemat apabila percakapan dilakukan hanya ke sesama produk Telkomsel dengan durasi percakapan di atas 60 menit ( 1 jam ), sedangkan tarif ke operator lain paling tinggi diantara GSM lain

    3. Mentari, kartu yg dikeluarkan oleh Indosat, Tbk., ini menunjukkan keunggulan tarif hanya ke sesama produk Indosat pada 1 menit pertama saja, syukurnya gratis 1 menit pertama berlaku sebanyak 20 x sehari, tetapi tarif ke sesama ( Mentari ) adalah termahal di kelas GSM dihari SENIN , SELASA , RABU dan KAMIS

    4. 3 (three), dari PT Hutchison CP Telecommunication ini menunjukan keunggulan hanya ke sesama 3 dengan durasi percakapan pada 10 menit pertama saja dan SMS termurah ke all operator Rp 100.

    5. Adapun urutan/peringkat pengguna GSM terbesar di Indonesia berdasarkan survey yakni ;

    a.Telkomsel

    b.Indosat

    c.Excelcomindo

    d.Hutch

    ===================
    aku sih pake Simpati PD dan emang beneran tarifnya paling murah aku pake sesama operator, kebetulan kebanyakan temen2 ku pake telkomsel sii….

  81. kiko mengatakan:

    mohon maaf sebelumnya kepada dickna, kelihatannya beliau belum membuka http://www.three.co.id sehingga menulisnya asal asalan..
    saya bukannya membela three, karena saya memakai kartu tsb. tapi harap para pembaca cerdas dalam melihat setiap iklan dan aturan yg diberikan setiap operator.
    saat ini, pada dasarnya three cuman ada 4 tarif. (masukkan tarif 1/2 harga dulu)
    1) sms sesama three GRATIS
    2) bicara sesama three 1 menit = 1 (satu) rupiah saja. jadi 60 menit cuman 60 rupiah. bandingkan dengan xl, yang beliau gembar gemborkan.. tarif xl = 600 rupiah. jauh bangeettt..
    3) bicara ke operator lain di jabotabek 1 menit = 500 rupiah
    4) bicara ke operator lain di LUAR jabotabek 1 menit = 1000 rupiah

    MAU?

  82. khakha mengatakan:

    mungkin saya akan frontal bicara mslh tarif antara xl, im3, simpati & 3,
    bagi konsumen yg baru atau lama, telitilah dahulu sebelum memutuskan menggunakan kartu tertentu, spy di lain hari tdk menyesal,
    trus bagi para operator, u semua jgn terlalu mengagungkan murah, di mn ujung2 nya konsumen yg jadi korban.
    jadi semua kpsn ttp ada di tgn konsumen.
    thx

  83. [...] tarif seluler XL dan IM3. Dikutip detikINET dari blognya, Kamis (13/3/2008), Khalid membandingkan tarif XL 0,1/detik dan tarif IM3 0,01/detik. Hasilnya, perbedaan tarif yang digembar-gemborkan antara 0,1 dan 0,01 ternyata tidak terlalu [...]

  84. Harry S. Kartono mengatakan:

    Pusing baca/nonton iklan operator-operator ini. Bilangnya tarif 0,00000000001/detik, atau Rp.600 sepuasnya, atau Rp.0,5/detik bahkan ada yg Rp.0/detik yang pada kenyataannya tidak demikian, karena semua hal tersebut dibungkus dengan menggunakan tanda bintang. Ya, tanda bintang yang bertuliskan: SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU. Dengan adanya tanda bintang ini, para operator bisa terselamatkan dari class action penipuan publik.

    Satu-satunya cara agar masyarakat tidak merasa tertipu adalah dengan membaca dengan seksama syarat-syarat ini. Saya sendiri males gonta-ganti nomer hp cuman untuk ngejar ginian. Mohon kepada YLKI bisa memperhatikan hal ini, soalnya kalo nggak dibatasi, bisa-bisa operator ngomong gini:

    PAKE KARTU ABC, BISA NELPON GRATIS SEPUASNYA*

    *syarat ketentuan berlaku (dan syarat ini hanya bisa dibaca di website kami di dalam direktori terdalam pada tengah paragraf diantara puluhan paragraf promosi lainnya)

    * gratis nelepon 60 menit setelah anda menelpon 60 menit berbayar dengan tarif 2x lipat dari biasanya (artinya: sama juga bo’ong kaleee)

  85. Harry mengatakan:

    kan yg nelpon gratis udah ada mas, tarif Rp.0,- dari MENTARI :D

  86. Leo mengatakan:

    Yang pasti beli nomor perdana jangan ngelihat tarifnya aja, masih banyak komponen lain yang mempengaruhi nilai dari suatu produk, buat apa murah tapi kalo mau connect harus ngantri. Lagian beda tarifnya gak jauh-jauh amat koq, gak ampe jual rumah kalo sehari cuma nelpon sejam hehe….. Lagian emang gak panas tuch telinga, ngobrol lama haha….

    Ingat persaingan ini membuat beberapa operator mengalami crash pada sistemnya, dan customer yang dirugikan karena operator akan melepas tanggung jawab.

    Ini saya kasih contoh dari pengalaman-pengalaman yang dialami langsung dari customer-customer saya, pengalaman yang diceritakan disini berkaitan HANYA dengan 2 Operator yang dibahas di atas :
    1. Indosat…… kartu perdana Mentari telah expired ketika ingin aktivasi sebelum batas akhir aktivasi
    2. XL…………..beberapa waktu yang lalu beberapa kartu XL dengan awalan tertentu mengalami gangguan.

    *INGAT: kerugian SELALU ditanggung costumer, operator selalu berlindung dengan alasan PROSEDUR (=prosedur yang sengaja dibuat mengada2 agar customer akan kehilangan banyak waktu untuk suatu complain, sengaja di”cuci otaknya” agar berpikir daripada buang-buang waktu uda dech mending gak lanjutin lagi complainnya ;-))

    *Tulisan diatas dibuat berdasarkan pengalaman yang dialami langsung, TANPA ada maksud untuk menjatuhkan OPERATOR tertentu. Semoga OPERATOR yang ada dapat menjadikan tulisan saya sebagai masukan untuk melihat kembali SISTEM yang ada.

    Tapi SATU yang pasti, tarif boleh berubah2, orang keren tetep pake NOMOR CANTIK dong hehe…..

    Salam,
    Leo
    http://www.PerdanaCantique.com

  87. fahny mengatakan:

    nice review

  88. ipk4cumlaude mengatakan:

    Bener2 gila iklan operator2 itu: IF ELSE nya banyak banget, servernya harus yg canggih tuh… Kalau saya sih milih yg IF ELSE nya dikit aja lah…. Toh ngga beda jauh…. Tapi kalau pasca bayar emang kasian. Katanya walaupun mahal, kualitasnya bagus. Ah ternyata itu cuman bluffing. Dadah deh MATRIX gw….. balik lagi ke Simpati ah…..

  89. tunjung mengatakan:

    dirut XL kan bekas dirut IM3.. jadi ilmu dagang padang waktu di Im3 dia keluarin lagi tuh ke XL..
    walhasil.. eks anak buahnya yg masih di indosat juga ilmu2 nya ga jauh-jauh dari sang eks dirut lah…

    kita dibuat bingung ngitungin tariff mereka… sementara bonus mereka ngalir terus…

  90. [...] tarif seluler XL dan IM3. Dikutip detikINET dari blognya, Kamis (13/3/2008), Khalid membandingkan tarif XL 0,1/detik dan tarif IM3 0,01/detik. Hasilnya, perbedaan tarif yang digembar-gemborkan antara 0,1 dan 0,01 ternyata tidak terlalu [...]

  91. amik mengatakan:

    sama aja lha…. “tarif berlaku pada menit tertentu”. dan seringnya kalo sudah itungan menit 30 pasti mati. pernah pake telkomsel baru 5 menit mati….. kenapa yah ini?

  92. lilik supriyadi mengatakan:

    emang lebih baik berkata apa adanya dari pada membohongi konsumen.jadi sama-sama puas……….. bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeet
    tp enaknya ya nelpon pakai voip bener2 murah. atau pake YM bila koneksi internet tanpa bayar alias gratis (lewat hot spot)

  93. [...] Perbandingan Tarif XL (0,1 / detik) dan Tarif IM3 (0,01 / detik) [...]

  94. [...] Update 20 Maret 2008: Baca penjelasannya di Perbandingan Tarif XL (0,1 / detik) dan Tarif IM3 (0,01 / detik) [...]

  95. juragan mengatakan:

    gue heran ama matrix, tarifnya mahal bgt. pdhal gue setia lbh 7 thn pake matrix.
    harga tiap menit Rp 813, di tempat lain duit segitu boleh dpt 21 menit.
    lama2 gue kesel pengen tutup aja barang langganan itu.

  96. ilham mengatakan:

    wah sepertinya ada pesaing baru akan muncul neh..
    hayoo..
    cari infonya..

    saya juga emmbuat tarif antara xl dan im3 terkhir..
    silahkan dilihat..

    http://tarifpromogsmindonesia.blogspot.com/

    update terakhir..

  97. XL please buat sinyalnya bagus dunk,,,biar kalau setiap lagi tlpon gak putus2,,,gak enak kalau lagi bicara seru2nya putus,,,,,help ya…:) :) :)

  98. Wahju Diono mengatakan:

    Buat semua pengguna Seluler Indonesia : Berpikirlah yang bijak jangan mudah tergiur dengan iklan yang memberikan tarif murah ” TAPI “…….

    Sebagai pedoman utama adalah Kolega atau Relasi mana yang paling sering anda hubungi dan gunakan kartu atau operator seluler yang sama dengan mereka yang bisa memberikan tarif murah. Bisa juga cari operator yang mempunyai tarif termurah untuk lintas operator, apapun operatornya tarif murah itu yang kau mau.

  99. caca mengatakan:

    m3 emang murah…
    tp kok srink trouble ya??

  100. cupz mengatakan:

    semua ga ada yang bisa dipercaya semua saya udah coba namun kenyataannya berbeda murahnya ga ada masa pulsa 10000 cuma 10 menit abis apa coba…..

    ga ada yang beneran euy……

  101. cupz mengatakan:

    mana murahnya…….

    buktikan duong….

  102. Aldi Anggara mengatakan:

    saya adalah pelanggan IM3, pernah nelpon ke sesama IM3 di mana diiklan itu tertera tarifnya Rp. 1/nelpon. akan tetapi pulsa saya habis sampai Rp.18.000-an. padahal saya nelpon jam 2 malam. gimana nih…..?

  103. kathrine_yellow mengatakan:

    hm…jd pngen curhat soal tarif operator jg neh…
    haehiaeuhiauhe

    klo aku HAMPIR pny semua jenis operator…hehehe
    tmn2 bilang aku tukang pulsa..
    padahal sm skali ngga tuh…hahahahha

    operator mang tukang boong smua..
    makanya aku pnya HAMPIR smua jnis operator

    hp ku jg jd mendadak bnyk..hahahah
    krn komunitas ku jg seh…

    klo di gereja, bnyk yg pke im3 & esia…jd aku lebih bnyk pke 2 operator itu
    dan inet di hape pke im3 murah, bikin YAHOO messenger aku OL 24 jam..hhahaha
    ms 3hr cm Rp.1000 padahal makenya siang2. SEKARANG, klo sms pke im3 jg dah murah..sekalipun hrs sms 10x dulu..br bs murah…hahaha..biasanya aku sms sm tmn2 gereja ku..PUAAASSS…smpe jari kriting tuh..hahahahah

    klo di kampus, lbh bnyk pke esia doank…jd..aku ya tetep ber-esia ria..

    di kantor..kebanyakan pke telkomsel.. jd aku jg bawa simpati ke kantor…kartu AS ada di “kotak SIM CARD” buat standBY klo simpati mendadak ke abisan pulsa

    klo mentari, axis & 3 aku pke di rumah buat standBy aja…(buat internet biasanya) apa lg axis lg gratis inet-nya(sayangnya axis cm bentar gratisnya)

    klo XL jempol dan bebas…hm…jarang tmn ku pke nomor ini..bisa di itung jari deh..jd..2 nomor ini jarang di pake, kcuali “darurat” atau..kebetulan pngen ngbrol/sms bnyk ke tmn yg pke Xl jg.INTE PKE XL MUAHAAALLLL (mending ga pke deh!!!)

    dulu…nyokap pke FREN, krn klo tlp ke luar negri murah bgt… tlp ke Aussie hampir 45 menit, cm 25rb…skrng dia dah ganti esia…krn komunitasnya esia smua(termasuk org seisi rmh), tp, klo tlp ke luar negri pke esia MUAHAALLL….hahahhaha…lg pula dia ga terlalu pke bnyk tuh pulsa..

    ade ku setia sm esia n simpati…krn komunitas dia pke telkomsel…kadang dia nebeng jg pke im3 ku..buat chatting..

    klo bokap…simpati ONLY!!! dia ga mo pusing2 soal tarif operator. ga mo sibuk pke bnyk haPe…

    KESIMPULANNYA:
    aku pke esia + im3 + simpati yg dah pasti 24 jam ONLINE
    krn, 3 nomor itu sudah pasti ku bawa kemana2…dan krn komunitas ku..
    klo nomor yg lain kadang2 aja idup…hahahhaha..tergantung kebutuhan, br di idupin..
    haieuhaieuhiauehiauhe

  104. kathrine_yellow di FS mengatakan:

    oh iya…ada yg ketinggalan…
    sms ke im3 pas jam POCONG cm Rp.1
    tp..bikin aku sakit…krn jd begadang saking pngen murahnya…
    tlp jg murah sie..tp nunggu jam 1am…

    hm…..sedih ya dengernya…demi sbuah kesenangan krn murahnya taris…malah bikin aku sakit…huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  105. ga suka XL mengatakan:

    MUAK PAKAI XL, TUKANG BOONG TUH XL!!

  106. Letda.adit mengatakan:

    Biarpun seumpama tarif sms xL 0 rupiah , aku tetep akan pake m3, soalnya tarif gprs m3 cuma Rp.1/kb gak kayak xl yg tarifnya Rp.10/kb, coba aja bayangin kalau mau download lagu ungu tercipta untuku yg ukuran fileny 3MB,
    Kalo pke m3
    3000kb x 1 =Rp.3000
    Kalo pake xl
    3000kb x Rp.10 =Rp.30.000
    Bsa kere mendadak kan,
    Capek dech..
    Bg yg memerlukan bntuan tentang gprs hub. Aku di
    Fs /emailku di
    taruna_tidar@yahoo.com

    Call me di: 08562896776

  107. yoga mengatakan:

    Therapy & Massage metode urut, alami melancarkan predaran darah , atasi PROBLEM PRIA ,Ejakulasi dini, lemah sahwat, kurang perkasa , SIAP BANTU ANDA KE TEMPAT HUB :YOGA 021-708-1212-5

  108. yudi mengatakan:

    Mau Pasang Internet Speedy ? Untuk Rumah, Kantor, Warnet, Wartel, Ga Punya telp ?
    Kita Bantu Sampai Kring… ! siap jemput data Hub. 021-70812125 / 08176664338
    Se-Datel Jakarta Selatan Email: yudi.sahir@yahoo.com

  109. rusbandi mengatakan:

    bagi konsumen solusi yang agak murah, harus punya nomor semua operator. Problem investasinya mahal, mungkin beli hp second bisa jadi alternatif.
    Komentar untuk IM3, murah problem sms sering ngandat dan telp sering susah nyambung dan pada periode waktu ttt mudah mati.

  110. reader mengatakan:

    yang paling tidak menipu: Kartu As
    telp: 13/dtk
    sms: 88/sms

    titik

  111. wagimin mengatakan:

    Bukan saya promosi adakah yang lebih murah dari tarif smart, mudah dingat mudah ngitungnya:
    saya beli paketan smart haier d1200 330 ribu, dapat
    2000 sms/bulan selama 6 bulan ke semua operator,
    2 gb data/bulan selama 6 bulan = 12GB (ada operator lain yang berani…?)kadang saya bingung juga ngabisin data segitu…
    tarif sms setelah promo habis = Rp. 50,-
    tarif lokal interlokal/menit ke operator lain Rp 600,-, sesama smart Rp 60,-. Kalo macam XL atau IM3 saya ga percaya ngapain ga sekalian bikin promosi tarif telpon gratis pada detik ke 60 sepuasnya he….x 10000 dasar penipu, apa nggak takut dosa. Maaf ini kenyataan.

  112. hadi mengatakan:

    sya pengguna im 3 . tapi harus saya aku in kl xl itu lebih murah. malam jam 12 ada gratisan nya sampai jam 5 pagi sedang 1m3 tdk ada gratisan nya. mohon lebih di perbaikin tarif dan bonus nya biar lebih bnyk lg yg pakai

  113. shugenk mengatakan:

    wah gawat nich,… masak kirim mms k luar negeri mahal pk banget,…. katanya murah mana? barusan aku isi pls 10rb untuk sms 2x dan kirim mms k taiwan aja langsung habis,….. yang bener aja lho XL

  114. Rusnadi mengatakan:

    sblmnya saya minta maaf bukannya saya mempromosikan XL,tapi ini fakta,xl emang rajanya tlp ke sesama,cuma…gprs,mms,sms,telp ke operator lain dan luar negri emang mahal,jadi intinya klau mau ngobrol lama lamaan ke sesama yang juara cuma XL karena paling ekonomis.(AWAS….stiap operator punya kelebihan dan kekurangan masing2 gak ada yg sempurna)

  115. iran ismawan mengatakan:

    lw soal perbandingan tarif nelpon XL dg Im3 q lbih percya murah_y dg XL cz lw nlpn sesma kpn ja bsa jojorn sampk mult garing. bsdngkn Im3 dh mau nlpon sush lw lm diulng min 15X lm nyabung2 mna mti2 lgi pling pol 10mnt dh mti mnatarf_y mahl lgi, gx sesuia dg iklan_y, lw bkin iklan tu yg realistis dong jangan asl ngjeplak ja,
    mna dh njlek2kin oprator lain. gk tau_y dia sndri yg bobrok. bgi q oprator di indonesai yng jitu sinyal_y adalh TELKOMSEL n yang trbukti murah_y adlh XL n yang sinyal_pling bobrok slalu npu INDOSAT. npa ya pdhl tower n sinyl indosat tu dmna2 pling tinggi. pi kualitas_y pling.lemh. 1 lgi buat indosat kta_y akses intrnt Im3 pling cp[t n murh mna. lw mlm akses internt sush bangt bkin bt…wooooooooooo penipu bear.

  116. Jabon mengatakan:

    kalau menurut saya sama aja tu …

  117. ikbal mengatakan:

    nga ada yang nandingin kartu as,,1 tarif ke semua operator,,24 jam..kualitas sinyal no 1..yg ku akui hanya 2 gsm,, KARTU AS&XL…off the best

  118. [...] tarif seluler XL dan IM3. Dikutip detikINET dari blognya, Kamis (13/3/2008), Khalid membandingkan tarif XL 0,1/detik dan tarif IM3 0,01/detik. Hasilnya, perbedaan tarif yang digembar-gemborkan antara 0,1 dan 0,01 ternyata tidak terlalu [...]

  119. INKADO SEMARANG mengatakan:

    Artikel dan komentar semuanya bermanfaat. kalau saya, saya pakai kartu yang kebayakan dipakai ama relasi saya. Hasilnya. saya punya Hp 4 dengan perincian 2 HP GSM @ 3 kartu 2 HP CSMA @ 1 kartu. Kesimpulannya saya jalan dengan 6 GSM 2 CDMA. Meski kebanyakan saya cuman trima doang. Mungkin kalo ada 1 kartu multiple operator wah saya pasti beli tuh.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: